Loading

wait a moment

Tips Mesin Kendaraan Tetap Dingin dengan Master Radiant Coolant

Master Radiant Coolant

Teman Ardini – Salah satu cara mendinginkan radiator adalah dengan cairan pendingin. Saat ini ada banyak sekali produk serupa yang dijual di pasaran. Master radiator coolant adalah salah satu pilihan terbaik untuk anda. Cairan ini siap pakai dan tidak perlu dicampur dengan air.

Master Radiant Coolant

Apa Itu Master Radiant Coolant?

Jika mesin kendaraan kalian cepat panas, sudah waktunya kalian memakai produk ini. Ini adalah produk khusus yang berupa cairan berfungsi untuk mendinginkan kembali mesin pada kendaraan. Tak perlu mencampur dengan air, produk ini cukup praktis dan siap pakai.

Produk cairan pendingin mesin ini hadir dengan warna merah. Namun ada juga yang warnanya hijau. Warna ini juga memudahkan pengendara mengecek apakah terjadi kebocoran atau tidak. Lain halnya dengan air putih yang warnanya transparan.

Fungsi Master Radiant Coolant

Fungsi Master Radiant Coolant sangat besar. Fungsi utamanya adalah untuk membuat mesin cepat dingin kembali. Produk cairan ini bisa menjaga sistem pendingin serta membuat mesin tidak panas maupun beku saat berada di kondisi yang beriklim ekstrim.

Indonesia sendiri beriklim tropis sehingga produk ini akan sangat dibutuhkan karena suhunya yang sering sangat panas, khususnya di musim kemarau. Meski begitu, perlu dilakukan pergantian berkala karena cairan ini menggunakan bahan kimia yang bisa mengakibatkan karat jika lama tidak diganti.

Penggantian cairan pendingin ini juga sangat penting untuk menghindari kerusakan mesin. Pasalnya, kerusakan pada mesin bisa memuat kita mengeluarkan lebih banyak biaya, bahkan membahayakan pengendara itu sendiri.

Dengan menggantinya secara rutin, kinerja mesin akan tetap terjaga. Selain itu, pengeluaran biaya bisa menjadi lebih efektif. Bahkan, ini akan berpengaruh pada pengeluaran biaya untuk kebutuhan operasional kendaraan.

Macam-macam Radiator Coolant

Radiator coolant sendiri memiliki beberapa jenis atau macam. Untuk itu, kalian harus memilih jenis yang tepat untuk kendaraanmu. Setidaknya, ada 2 jenis radiator coolant yang perlu kalian ketahui, yaitu Inorganic Additive Technology (IAT) dan Organic Acid Technology (OAT).

Radiant coolant IAT umumnya digunakan untuk kendaraan-kedaraan yang sudah tua. Artinya, tahun pembuatan kendaraannya sudah cukup lama. Radiator coolan IAT memerlukan pergantian berkala setiap kurang lebih 2 tahun atau jarak tempuh 24.000 mil.

Di sisi lain, radiant coolant OAT umumnya digunakan pabrikan General Motor. Pergantian radiator coolant OAT juga harus dilakukan secara berkala dan teratur setiap 5 tahun sekali atau jarak tempuh sekitar 50.000 mil.

Radiator coolant sangat penting karena memberi suhu dingin pada sirkulasi mesin kendaraan. Dengan begitu, mesin tidak akan overheat yang mana overheat adalah salah satu penyebab kendaraan mogok. Pastikan kalian hanya menggunakan radiant coolant dari Autochem untuk hasil terbaik.

Cara Menggunakan Master Radiant Coolant

Lalu, bagaimana cara menggunakan produk cairan pendingin radiator mesin ini? Caranya sangat mudah. Pertama, buka dulu tutup radiatornya. Setelah itu, periksa cairan radiator. Jika kotor, buang cairan radiator dengan segera. Jangan lupa kuras hingga benar-benar bersih.

Kemudian, masukkan  Master Radiator Coolant Premixed hingga batas yang sudah ditentukan kemudian tutup kembali radiatornya. Selanjutnya, kalian bisa coba hidupkan mesin sekitar 5 menit. Buka kembali tutup radiator dan cek ketinggian cairan apakah perlu ditambah lagi atau tidak.

Master Radiant Coolant ini memiliki berat bersih 12×1 Quart / 6×1 galon. Cairan pendingin radiator ini bisa diaplikasikan baik untuk motor maupun mobil. Sangat bagus untuk perawatan radiator dan mesin kendaraan kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *