Loading

wait a moment

Tips Agar Kulit Bayi Terbebas dari Iritasi

sabun bayi anti iritasi

Teman Ardini – Bayi memiliki kulit yang sangat berbeda dengan orang dewasa. Dimana ketebalan kulit masih sangat tipis. Selain itu kulit bayi sangat lembut dan tergolong sensitif. Karena kulitnya yang sangat sensitif ini, bayi sering mengalami iritasi, seperti ruam-ruam, biang keringat, alergi, dlsb. Pemicu terjadinya iritasi ini bisa dikarenakan berbagai hal, seperti polusi udara, paparan sinar matahari, penggunaan produk bayi, kurangnya menjaga kebersihan bayi, dlsb.

Kulit memiliki peran sebagai pertahanan tubuh, sehingga harus dirawat dengan baik dan benar agar terjaga kesehatannya. Agar kulit bayi Anda terbebas dari iritasi, Anda perlu melakukan berbagai perawatan yang baik dan benar. Adapun tips-tips perawatannya, sebagai berikut:

sabun bayi anti iritasi

1. Merawat kulit bayi secara alami.

Untuk merawat kulit bayi sebenarnya sangat sederhana tanpa perlakuan yang beraneka ragam. Cukup rawat kulit bayi secara sederhana dan alami. Seperti saat bayi baru lahir, mungkin Anda akan mendapati kulitnya yang terlihat berkeriput. Hal ini wajar karena kulit bayi tertutup oleh zat putih lembut yang bernama vernix. Keriput ini lama-kelamaan akan terlepas sendiri. Anda tidak perlu mengoleskan minyak atau krim tertentu dalam hal ini. Karena bisa saja paparan bahan kimia di dalamnya sangat berpotensi memunculkan iritasi kulit bayi.

2. Mandi.

Untuk menjaga kebersihan kulit bayi, mandi menjadi salah satu agenda yang harus dilakukan. Namun jangan terlalu sering memandikan bayi karena bisa menghilangkan minyak alami yang melindungi kulit bayi. Cukup mandikan bayi 3x per minggu, atau bisa lebih jika memang tubuh bayi terlihat sangat kotor. Gunakan sabun bayi anti iritasi agar menghindarkan si kecil dari reaksi alergi, ruam-ruam, dlsb.

3. Rutin mengganti popok.

Bayi yang baru lahir biasanya akan sangat sering buang air kecil maupun besar. Sehingga wajar jika popok cenderung cepat basah. Sebagai orang tua, Anda harus sigap untuk mengganti popok si kecil yang basah. Karena jika dibiarkan terlalu lama akan menimbulkan ruam popok pada pantat bayi. Untuk mencegah terjadinya ruam popok, Anda bisa menggunakan diaper cream bayi yang dikhususkan untuk kulit bayi yang sensitif.

4. Cerdas memilih produk yang tepat untuk perawatan si kecil.

Saat ini banyak produk perawatan bayi yang beredar di pasaran. Sebagai orang tua yang cerdas, pilihlah produk yang memenuhi layak untuk kulit bayi yang sensitif. Seperti produk yang terbebas dari bahan-bahan kimia, mengandung anti bacterial, sesuai dengan pH kulit bayi, dlsb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *