Loading

wait a moment

Rekomendasi Makanan Untuk Ibu Menyusui

ibu menyusui

Teman Ardini – Inilah sedikit rahasia tentang ibu menyusui: Apa pun yang kalian makan, bayi kalian akan mendapatkan semua nutrisi yang ia butuhkan untuk tumbuh dan berkembanga dari situ. Tetapi bukan berarti kalian bisa memakan apa saja, kalian harus memakan makanan yang sehat. Inilah sebabnya, kalori ekstra akan membantu suplai ASI kalian, mengisi energi kalian, dan membantu kalian menurunkan berat badan bayi. Ketika kalian tidak mengonsumsi kalori yang cukup, maka tubuh kalian bergantung pada kalori cadangan kalian, terutama jika kalian sedang menyusui,” kata Tamara S. Melton, ahli diet terdaftar, ahli gizi dan juru bicara untuk Academy of Nutrition and Dietetics (AND). Faktanya, sebuah artikel baru-baru ini dalam jurnal Pediatrics menemukan bahwa bayi yang disusui tiga bulan atau lebih memiliki nafsu makan yang lebih sehat ketika mereka berusia 6 tahun, dibandingkan dengan anak-anak yang tidak diberi ASI.

Berikut adalah beberapa makanan dan minuman tersehat yang bisa kalian makan saat kalian sedang menyusui.

ibu menyusui

1. Air

Ok, ini bukan makanan, tetapi mengisi botol air kalian dan minum sepanjang hari adalah hal yang penting untuk pasokan susu kalian. Jika kalian tidak minum dengan cukup kalian akan mengalami dehidrasi dan rendah energi. Itu Bukan hal yang baik terutama ketika kalian sudah kurang tidur karena harus mengurus sikecil. Minuman yang paling baik adalah air putih, kalian juga boleh meminum-minuman berasa tetapi Minuman tanpa kafein, tanpa pemanis. Kalian sangat dianjurkna untuk meminum jus sayur dan buah-buahan.

2. Salmon

Sebagai sumber protein yang sangat baik, salmon kaya akan vitamin B12 dan asam lemak omega-3, yang menurut penelitian dapat membantu menangkal depresi pascapersalinan. Salmon juga merupakan salah satu dari sedikit sumber vitamin D yang muncul secara alami wanita biasanya kekurangan vitamin D, kata Rachel Begun, ahli diet dan ahli gizi kuliner terdaftar.

3. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh yang dimaksud seperti roti, nasi, pasta, dan oatmeal merupakan sumber penting vitamin B, mineral, dan serat. Serat akan membuat kalian merasa kenyang lebih lama dan dapat membantu kalian memenuhi kebutuhan tubuh kalian dan kebutuhan sikecil. Mereka juga membantu pencernaan dan menjaga kadar gula darah kalian menjadi stabil. Biji-bijian utuh seperti quinoa, farro, ejaan, barley, dan teff juga memberi kalian tambahan protein.

4. Daging sapi

Ibu yang menyusui memiliki kebutuhan yang meningkat akan mineral zinc, dan daging sapi adalah makanan yang bagus untuk mendapatkannya. Daging sapi adalah sumber protein berkualitas tinggi yang kaya akan zat besi dan vitamin B dan dapat membantu kalian mempertahankan energi. Jika mungkin, pilihlah daging sapi yang diberi makan rumput karena memiliki lebih banyak asam lemak omega-3 dan pilih lah sapi yang tidak disuntik oleh hormone apapun

5. Telur

Telur adalah pilihan yang cepat, mudah dan serbaguna untuk makan atau bahkan sebagai camilan. telur kaya akan protein, kolin, lutein, vitamin B12 dan D, riboflavin, dan folat. Makan seluruh telur untuk mendapatkan nutrisi paling banyak. Plus, penelitian sekarang menunjukkan bahwa telur tidak akan meningkatkan kolesterol kalian

Diatas adalah makanan-makanan yang direkomendasikan dikonsumsi oleh ibu menyusui, selain makanan-makanan yang sehat dianjurkan kalian juga mengkonsumsi susu ibu menyusui, agar kebutuhan nutrisi kalian dan sikecil dapat terpenuhi seluruhnya. Yuk jaga makanan kalian untuk kesahatan diri kalian sendiri dan si kecil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *