Loading

wait a moment

Mengenal Beragam Bahan Face Mask Kain Terbaik

face mask

Teman Ardini – Cukup langka dan mahalnya masker medis di pasaran membuat face mask atau masker kain bisa menjadi alternative yang dipilih. Memang, masker kain tidak sebaik dari masker medis. Namun, jenis face mask ini tetap bisa diandalkan untuk mencegah penularan virus, terutama saat beraktivitas di luar rumah sehari-hari.

Saat ini, cukup banyak masker kain yang dijual bebas di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau. Tentu, harga yang terjangkau pasti akan membuat Anda lebih hemat, apalagi masker kain juga bisa dicuci.

Hanya saja, Anda harus mawas diri untuk memilih masker kain yang dibuat dari bahan yang tepat. Nah, apa saja bahan terbaik yang bisa digunakan untuk pembuatan masker kain tersebut?

face mask

Bahan Masker Kain yang Tepat

Ada beberapa bahan yang sebenarnya bisa digunakan untuk membuat masker kain. Tentu saja, bahan tersebut dipilih karena kemampuan baiknya untuk menahan droplet yang menjadi biang penyebaran virus.

Adapun beberapa bahan yang disarankan untuk pembuatan masker kain diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kain katun tebal

Katun tebal bisa dijadikan opsi bahan pertama untuk membuat masker kain. Bahan yang cukup mudah didapatkan ini pun sebenarnya juga tidak mahal secara harga.

Di pasaran, ada cukup banyak jenis kain katun yang berbeda, terutama jika dilihat dari serat kain tersebut. Serat kain inilah yang sebenarnya juga berpengaruh pada efektivitas masker kain untuk menahan droplet.

Untuk memilih bahan kain katun yang tepat dan aman digunakan guna membuat masker, maka cek kain katun tersebut. Pegang kain dan arahkan ke cahaya lampu. Jika cahaya lampu melewati serat kain dengan mudah, maka efektivitas kain tersebut kurang. Selain itu, masker kain dengan kain katun sebaiknya dibuat dengan rangkap dua.

2. Kain nilon

Nilon juga bisa dijadikan opsi bahan untuk membuat masker kain. Bahan yang satu ini cukup efektif untuk mengurangi penyebaran virus. Dalam hal ini, kain nilon yang umumnya digunakan untuk membuat face mask adalah nilon 70D yang bisa menyaring partikel kasar hingga 77% dan partikel kecil hingga 12%.

Tidak hanya itu, jenis kain ini pun juga tidak akan membuat pemakai masker sesak napas. Nah, kain ini bisa ditambahkan sebagai lapisan dalam untuk masker kain. Dengan tambahan nilon, maka efektivitas masker kain bisa meningkat bahkan hingga 50%.

3. Kombinasi kain

Menggunakan dua jenis kain yang berbeda bisa menjadi ide yang menarik untuk membuat masker kain. Dalam hal ini, bahan yang umum digunakan adalah kain katun dan beberapa jenis kain lainnya, seperti 2 lapis kain sutera, 2 lapis kain sifon atau 1 lapis kain flanel.

Nah, dengan kombinasi yang digunakan tadi, bisa jadi Anda akan memiliki masker kain yang cukup efektif untuk mencegah persebaran virus. Hanya saja, tentu, Anda tetap harus menjaga kebersihan masker tersebut.

Beberapa kain di atas bisa dijadikan bahan tepat untuk membuat masker kain. Namun, jika Anda tidak mau ribet dan membutuhkan banyak face mask, Anda bisa memesannya di sini. Ada banyak masker kain dengan bahan dan tipe yang berbeda. Tidak hanya itu, Anda juga bebas memilih desain masker kain untuk tampilan yang unik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *