Loading

wait a moment

Mempertimbangkan Kaca Sebagai Bagian Desain Rumah Minimalis ala Perkotaan

desain rumah minimalis

Teman Ardini – Menggunakan kaca sebagai bahan bangunan kini sudah menjadi salah satu hal yang lumrah, terutama diterapkan pada desain rumah minimalis ala perkotaan. Perlu diketahui bahwa kaca adalah material yang padat dan transparan. Dengan menggunakan kaca, maka rumah Anda akan cenderung lebih terang karena sinar dari luar bisa masuk dengan lebih mudah.

Nah, penggunaan kaca pada rumah minimalis terkadang bisa menjadi solusi untuk mempercantik tampilan dari rumah yang Anda bangun tersebut. Hal ini cukup beralasan karena rumah minimalis cenderung memiliki ruang yang terbatas dan sempit. Jika semua tertutup, maka tentu saja ruangan akan terlihat sangat sempit dan tidak nyaman.

Dalam penerapannya, kaca bisa diaplikasikan di beberapa bagian desain rumah yang berbeda. Beberapa bagian rumah yang dimaksud adalah pintu, jendela dan dinding. Juga, beberapa bagian atap sering menggunakan bahan kaca.

desain rumah minimalis

Mengenal Ragam Jenis Kaca Untuk Bahan Bangunan

Penggunaan kaca bisa menjadi pertimbangan yang tepat jika Anda ingin memiliki rumah minimalis yang cenderung lebih terbuka dan terang. Banyaknya sinar matahari yang masuk ke dalam rumah juga akan memberikan kesan rumah yang lebih bersih dan nyaman.

Nah, sebelum mengaplikasikan kaca sebagai bahan bangunan, ada beberapa jenis kaca yang harus Anda ketahui. Beberapa jenis kaca untuk bahan rumah minimalis tersebut adalah sebagai berikut:

1. Kaca bening

Jenis kaca yang pertama adalah kaca bening. Kaca ini disebut juga dengan nama float glass. Secara umum, float glass merupakan kaca yang tidak berwarna serta memiliki permukaan yang cenderung rata serta sangat bersih.

Dalam pembangunan rumah minimalis, jenis kaca ini digunakan untuk eksterior ataupun interior dari bangunan tersebut. Dilihat dari segi harga, maka kaca bening memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan beberapa jenis kaca lainnya.

2. Kaca warna

Kaca warna adalah jenis kaca yang lain yang bisa Anda gunakan dalam proses pembangunan rumah agar terlihat lebih indah. Kaca ini disebut juga dengan nama tinted glass. Perlu diketahui bahwa sebenarnya kaca warna adalah float glass yang diberikan warna dan sedikit tambahan logam.

Dengan penambahan warna ini, maka sifat tembus pandang atau transparan dari float glass akan berkurang. Nah, kaca ini sering menjadi sekat alternative ruang. Dengan menggunakan kaca ini, maka Anda akan memiliki sekat ruang yang cenderung elegan namun tetap memiliki sisi privasi yang baik.

3. Kaca tempered

Kaca tempered adalah salah satu jenis kaca yang mulai familiar digunakan dalam proyek pembuatan rumah, utamanya untuk rumah berukuran kecil. Ini adalah kaca yang bisa dikatakan sangat baik karena kekuatannya yang tinggi daripada kaca jenis biasa. Nah, hal ini dikarenakan ketebalan kaca tempered bisa hingga 5 kali dari kaca biasa.

Selain itu, karakteristik kaca ini sangat baik, seperti tahan terhadap beban angin, tekanan air, benturan serta perubahan temperatur yang terjadi tiba-tiba. Selain itu, saat pecah, maka tempered glass ini juga lebih aman karena menjadi butiran yang halus. Nah, dalam penggunaannya, kaca ini sering dipakai untuk membuat dinding yang transparan.

Demikian beberapa ulasan mengenai kaca yang bisa digunakan untuk proses pembangunan rumah Anda. Dengan menggunakan kaca, maka akan ada kesan yang berbeda yang tentu saja akan Anda dapatkan dari rumah minimalis yang Anda miliki.

Nah, dalam hal ini, pertimbangkan beberapa jenis kaca di atas. Anda bisa memadukan kaca dengan desain rumah minimalis demi hasil yang baik dan tentu Anda bisa puas karenanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *