Loading

wait a moment

Memilih Saus Tiram Sebelum Mengeksekusi Resep Ayam Saus Tiram

Teman Ardini – Resep ayam saus tiram masih menjadi salah satu resep masakan yang dicari oleh para ibu rumah tangga. Keinginan setiap ibu untuk menyajikan hidangan yang lezat untuk keluarga memang harus dibarengi dengan rajin mencari menu-menu baru. Hal ini bertujuan agar keluarga tidak bosan dengan menu masakan yang itu-itu saja.

Ayam saus tiram memiliki rasa yang enak sehingga bisa menjadi menu selingan untuk Anda dan keluarga. Saus tiram itu sendiri merupakan bumbu masakan China yang terbuat dari tiram. Mulanya, dulu ketika tahun 1888 seorang produsen bumbu di Hongkong tengah meracik sup tiram sebagai salah satu menu di restorannya. Menurut cerita, dulu dia sempat lupa mematikan api yang kemudian membuat proses memasak memakan waktu lebih lama. Dari ketidaksengajaan inilah terbentuk saus tiram.

Memilih Saus Tiram

Sebelum Anda mulai mengeksekusi resep ayam saus tiram, ada baiknya Anda menyiapkan baha-bahan yang dibutuhkan. Salah satunya adalah saus tiram. Untuk saus tiram ini pun Anda tidak boleh asal memilih karena jika dari segi fisik semua saus tiram terlihat sama. Namun untuk rasanya jelas berbeda-beda.

1. Rasa asin atau manis?

Seperti yang sudah disinggung di atas, secara tampilan saus tiram memiliki tampilan yang sama. Tapi ketika mencicipinya, Anda bisa menemukan perbedaan rasa dari saus tiram tersebut. Ya, rasa saus tiram ini tergantung dari produk dan produsennya. Dimana ada saus tiram yang rasanya asin, maupun saus yang rasanya manis. Lebih dari itu, saus tiram dari tiap produsen umumnya juga mempunyai tingkat kekentalan yang tidak sama.

2. Cek komposisi saus tiram

Meski begitu, untuk bisa menemukan saus tiram yang tepat Anda tidak perlu membeli semua produk saus tiram yang dijual di minimarket. Selain akan membuat Anda boros, ini juga sangat tidak efektif. Sederhananya, Anda bisa melihat kandungan atau komposisi saus tiram yang umumnya dicantumkan pada kemasan saus.

Di sana Anda bisa melihat apa saja komposisi dari saus tiram, mulai dari bahan aditif, bahan baku, tanggal kadaluarsa hingga allergen-nya. Perlu diketahui bahwa bahan aditif dan bahan baku ini akan ditampilkan sesuai urutan presentase tertinggi hingga terendah.

Apabila Anda ingin saus tiram yang rasanya tajam bisa memilih saus yang presentase bahan tiramnya tinggi. Namun apabila menginginkan saus tiram yang rasanya manis, Anda bisa memilih saus yang presentase gulanya tinggi.

Usai memilih saus tiram sesuai dengan kebutuhan, sekarang saatnya bagi Anda untuk mulai mengolah resep ayam saus tiram. Namun sebelum memulainya, sebaiknya Anda baca dan pahami dulu langkah-langkah dalam memasak ayam saus tiram. Dengan begitu menu ayam saus tiram bisa dimasak dengan benar dan hasilnya bisa benar-benar memanjakan lidah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *