Loading

wait a moment

Manfaat Rutin Melakukan Scaling Gigi

manfaat scaling gigi

Teman Ardini – Gigi yang sehat dan kuat tak hanya sekadar berdampak pada kesehatan tubuh, tetapi juga menunjang penampilan agar lebih menarik dan percaya diri. Tidak heran, kini semakin banyak orang lebih peduli bahkan rela mengeluarkan biaya mahal demi memperbaiki kondisi agar gigi lebih sehat, putih dan berkilau. Dalam menjaga kesehatan gigi, menggosok gigi saja tidaklah cukup. Sebaiknya kita melengkapinya dengan melakukan pembersihan karang gigi dengan perawatan scaling gigi secara rutin.

Scaling gigi adalah prosedur pembersihan karang gigi dengan menggunakan alat yang disebut dengan ultrasonic scaler. Karang gigi itu sendiri adalah tumpukan plak yang menempel dan mengeras pada permukaan gigi. Karang gigi membuat tampilan gigi tampak tidak terawat. Pasalnya, plak yang mengeras cenderung berwarna kusam. Bisa kuning kecoklatan hingga hitam. Cara pembersihan karang pada gigi dengan menggunakan alat yang bernama scaler. Scaler haruslah digunakan oleh tenaga dokter yang sudah terlatih dan ahli juga profesional dalam menggunakan alat tersebut. Mungkin banyak orang tahu, bahwa scaling gigi untuk membersihkan karang gigi, namun sebenarnya scaling ini masih punya banyak manfaat lainnya.

Berikut ini adalah manfaat dari perawatan scaling gigi yang mungkin belum banyak diketahui:

manfaat scaling gigi

1. Membersihkan karang gigi

Manfaat utama dari perawatan scaling gigi tentu saja untuk membersihkan karang gigi yang tersisa di sela-sela gigi. Dengan scaling, karang yang telah mengeras pun dapat dihancurkan.

2. Mencegah kerusakan pada gigi

Karang pada gigi merupakan sumber bersarangnya bakteri. Bakteri itulah yang jika dibiarkan lama kelamaan akan membuat gigi semakin rusak. Jika karang dibersihkan, otomatis bakteri pun ikut tersingkirkan. Sehingga memperkecil kemungkinan gigi yang rusak.

3. Menghilangkan bau mulut

Lagi-lagi berhubungan dengan bakteri yang menyelinap bersama karang gigi, itulah bibit dari bau mulut kita sendiri. Sehingga dengan melakukan scaling, itu sama artinya dengan memberantas bakteri penyebab bau mulut.

4. Mencegah perubahan warna pada gigi

Karang gigi tercipta karena sisa-sisa makanan yang menumpuk dan tidak dapat dibersihkan. Sisa-sisa makanan itu ternyata juga bisa membuat warna gigi menjadi lebih kuning. Oleh karena itu, dengan melakukan scaling sama artinya dengan merawat agar warna gigi tetap putih alami.

5. Mencegah gigi goyang

Sifat karang gigi yang mengeras bisa mengikis enamel pada gigi dan membuat gigi goyang. Karena ternyata tumpukan plak yang membentuk karang itu lama-lama bisa mendorong gusi semakin ke bawah. Akibat gusi yang semakin ke bawah, maka itu artinya tempat menempel gigi sudah tidak kokoh lagi, dan gigi pun akan menjadi goyang.

Itulah macam-macam manfaat scaling gigi, selain untuk membersihkan karang gigi, scaling memiliki banyak manfaat lainnya. Maka dari itu, Anda disarankan untuk rutin membersihkan karang gigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *