Loading

wait a moment

Manajemen Keuangan Perusahaan Lebih Mudah Dengan Tabungan Bisnis

manajemen keuangan

Teman Ardini – Melakukan manajemen keuangan dengan baik merupakan salah satu kunci paling penting agar suatu bisnis dapat mencapai kesuksesan. Dengan adanya manajemen keuangan yang baik maka bisnis dapat mengatur pengeluaran dari pemasukan yang diterima agar perusahaan terus berkembang dan tidak mengalami kekurangan tenaga penggerak.

Setelah menyadari pentingnya melakukan manajemen keuangan dengan baik kemudian membuat para pelaku usaha menyadari bahwa tabungan bisnis juga penting terutama pada perusahaan besar. Namun saat ini juga sudah banyak pelaku bisnis kecil menengah juga sudah memiliki tabungan bisnis.

Manfaat Manajemen Keuangan Dengan Tabungan Bisnis

Tabungan bisnis merupakan salah satu jenis tabungan yang disediakan oleh bank untuk memenuhi tujuan bisnis. Perlu diingat bahwa tabungan bisnis ini berbeda dengan tabungan pribadi atau personal karena tabungan bisnis memiliki fitur tambahan khusus untuk menunjang aktivitas bisnis yang tidak dimiliki oleh tabungan personal.

Tabungan bisnis juga memiliki nama tabungan sesuai dengan nama perusahaan sehingga lebih dipercaya klien. Selain itu, berikut terdapat beberapa manfaat manajemen keuangan dengan menggunakan tabungan bisnis.

manajemen keuangan

1. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Seperti yang telah dijelaskan, tabungan bisnis artinya anda bisa membuat tabungan atas nama perusahaan dan bukan pribadi. Dengan adanya tabungan atas nama perusahaan maka akan meningkatkan kredibilitas perusahaan yang secara langsung juga meningkatkan kepercayaan klien terhadap perusahaan anda.

Klien yang akan melakukan transaksi pastinya akan lebih yakin apabila rekening yang dituju merupakan rekening atas nama perusahaan. Lain halnya jika rekening yang dituju merupakan nama pribadi membuat klien bertanya-tanya dan akhirnya ragu untuk melakukan transaksi.

2. Mudah Memantau Keuangan Bisnis

Rekening Bisnis akan membuat suatu perusahaan lebih mudah memantau pengeluaran dan pemasukan transaksi sehingga rekening pribadi dan rekening bisnis jelas harus dipisahkan. Hal ini juga agar memudahkan perusahaan menyocokkan laporan keuangan dengan sisa saldo pada rekening bank.

3. Memudahkan Perhitungan dan Pembayaran Pajak

Mungkin banyak yang mengira bahwa lebih baik menggabungkan tabungan bisnis dengan tabungan pribadi karena lebih mudah dipantau. Mungkin saja hal itu benar jika bisnis yang dijalankan masih kecil. Hanya saja jika bisnis sudah mulai berkembang maka tentu hal tersebut akan menjadi lebih sulit. Hal ini dikarenakan setiap pelaku bisnis wajib membayar PPn. Apabila saldo bisnis dan saldo pribadi digabung, tentu saja perhitungan pajak akan semakin lebih sulit.

4. Memudahkan Proses Pengalihan Aset Jika Bisnis Dijual

Hal yang harus anda ketahui adalah bisnis juga bisa dijual sama seperti properti dan barang berharga lainnya. Tentu saja jika bisnis dijual maka otomatis tabungan bisnis juga berpindah tangan karena hal tersebut merupakan aset perusahaan. Bayangkan apabila tabungan bisnis digabung dengan tabungan pribadi maka tentu saja akan sulit untuk memisahkan aset perusahaan dan harus memeriksa dari awal dan kemudian menyocokkan hasil akhir.

5. Keamanan Transaksi Bisnis Lebih Terjamin

Dengan menggunakan tabungan bisnis, tentu saja pihak manajemen keuangan perusahaan dapat selalu memeriksa transaksi apa saja yang dilakukan dengan menggunakan tabungan tersebut sehingga dapat menghindari transaksi gelap. Tabungan bisnis juga memiliki fitur untuk mengatur siapa-siapa saja yang bisa melakukan transaksi meskipun banyak orang yang mengakses tabungan tersebut.

Apabila anda sedang mencari bank yang menyediakan jenis tabungan bisnis untuk manajemen keuangan perusahaan anda, maka bisa mencoba memiliki bank yang memiliki jangkauan luas salah satunya yaitu HSBC. Salah satu produknya yaitu HSBC Business Internet Banking dengan berbagai layanan yang lengkap untuk mendukung aktivitas bisnis suatu perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *