Loading

wait a moment

Kiat Jitu Berinvestasi pada Reksadana Pendapatan Tetap

reksadana pendapatan tetap

Teman Ardini – Reksadana pendapatan tetap yang menjanjikan banyak keuntungan pasti menggoda banyak orang untuk ikut mencobanya. Terutama oleh Anda yang memang rajin melakukan investasi demi kenyamanan di masa depan. Namun bagi Anda yang tertarik untuk melakukan investasi pada reksadana ini tentu tidak bisa sembarangan. Berikut ada beberapa kiat berinvestasinya.

reksadana pendapatan tetap
Gambar : socaltraveler.com

1. Kenali Lebih Dekat Dulu

Sebelum Anda melangkah jauh untuk melakukan investasi pada reksadana ini, pastikan terlebih dulu bahwa Anda sudah mengenalinya. Reksadana ini memang sedang ramai diperbincangkan karena berbagai keunggulan yang dimiliki terutama dalam hal keuntungan. Nantinya dana dari nasabah ini akan diatur langsung oleh manajer investasi.

Manajer investasi tersebutlah yang kemudian akan menempatkan dana dari nasabah pada portofolio efek. Portofolio efek itu sendiri bisa berupa surat hutang atau obligasi. Nantinya keuntungan dari jenis reksadana ini juga tidak bisa dipukul sama rata. Soalnya akan sangat tergantung dengan suku bunga hingga terjadinya inflasi yang tidak bisa diprediksi.

2. Kenali Profil Risiko Anda

Setiap orang tentunya memiliki latar belakang yang berbeda dalam memilih jenis investasi. Untuk itulah, penting sekali bagi Anda sebelum melakukan investasi maka mengenali profil risiko Anda terlebih dulu. Perlu diketahui bahwa setiap orang memiliki reaksi yang berbeda ketika berhadapan dengan investasi yang sedang dilakukan.

Ada tipe investor konservatif yang bisa dibilang sangat berhati-hati ketika melakukan investasi. Biasanya tipe investor yang satu ini lebih suka dengan jenis investasi yang stabil dan juga tidak terlalu mengalami perubahan risiko yang signifikan. Biasanya tipe ini akan lebih mencintai investasi dengan keuntungan yang tidak terlalu tinggi tapi memberikan rasa lebih aman.

Tipe yang kedua adalah investor agresif yang bisa dibilang akan mengutamakan keuntungan. Untuk bisa mendapatkan keuntungan ini tentunya mereka tidak ragu untuk mengambil risiko yang cukup besar dalam berinvestasi. Bagi Anda yang tergolong investor konservatif maka reksadana pendapatan tetap adalah pilihan terbaik untuk dijadikan pilihan investasi.

3. Cocok untuk Investasi Jangka Pendek

Orang yang melakukan investasi tentunya memiliki pertimbangan khusus dalam melakukannya. Salah satu yang dipertimbangkan adalah jangka waktu investasi itu sendiri. Ada yang melakukan investasi jangka pendek, investasi jangka menengah hingga mereka yang melakukan investasi untuk jangka panjang. Semua investasi tersebut pastinya memiliki prioritasnya masing-masing.

Bagi Anda yang tertarik dengan investasi jangka pendek maka reksadana jenis yang satu ini adalah pilihan yang tepat. Bukan tanpa alasan karena reksadana yang satu ini memiliki tujuan keuangan hingga 1 sampai 3 tahun lamanya. Dengan jangka waku tersebut maka investasi bisa dipersiapkan dengan sebaik-baiknya dan lebih fokus pada tujuan keuangan.

4. Pahami Reinvestasi dengan Dividen

Perlu diketahui bahwa jenis reksadana yang satu ini terdapat reinvestasi dan juga dividen. Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan investasi pada jenis reksadana ini sebaiknya mengetahui perbedaannya. Contohnya untuk investor yang memiliki tujuan jangka pendek maka reinvestasi bisa dijadikan pilihan. Soalnya reinvestasi mampu mengembangkan dana pada periode tersebut.

Berikutnya adalah dividen yang kurang cocok bagi Anda yang ingin melakukan investasi jangka pendek. Soalnya dividen ini  akan membutuhkan hasil pengembalian yang dilakukan secara berkala. Dalam arti kata lain, tidak bisa dilakukan dalam waktu yang cepat atau singkat.

Jadi bagi Anda yang memang tertarik untuk melakukan investasi reksadana pendapatan tetap maka jangan melakukannya tanpa persiapan terlebih dulu. Bentuk persiapan tersebut termasuk dengan mengetahui lebih detail tentang jenis reksadana yang satu ini seperti penjelasan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *