Loading

wait a moment

Kenali Tanda Menstruasi akan Datang

kalender haid

Teman Ardini – Usia remaja merupakan usia pubertas. Seperti yang anda ketahui bahwa tanda bahwa seseorang telah mengalami masa pubertas adalah mengalami siklus menstruasi. Siklus ini hanya terjadi pada wanita. Sebagai wanita anda perlu mengetahui tanda-tanda bahwa siklus menstruasi akan segera dimulai. Sebagai tambahan anda juga harus menggunakan kalender haid agar anda tau mengenai siklus anda.

Tentunya bagi anda yang sama sekali belum pernah menstruasi, akan bingung manakah yang merupakan tanda menstruasi. Jika anda sudah mengetahuinya sejak dini tentu anda akan mempersiapkan segalanya. Mulai dari segera membeli pembalut dan menjaga pola makan. Bagi anda yang belum tau ciri-ciri bahwa siklus menstruasi akan segera dimulai, berikut adalah penjelasannya.

kalender haid

Ciri Menstruasi akan Mulai

Ada beberapa gejala bahwa menstruasi akan segera dimulai. Akan tetapi anda perlu mengingat bahwa setiap orang memiliki gejala yang berbeda. Hal ini disebabkan oleh perbedaan system imun tubuh, gizi seseorang dan juga bentuk badan. Oleh sebab itu anda jangan heran jika teman perempuan anda tidak merasakan gejala yang sama. Berikut adalah beberapa gejala bahwa siklus menstruasi akan dimulai.

1. Kram perut

Gejala ini dialami kebanyakan dari semua wanita. Kram perut merupakan nyeri pada bagian kedua pinggang. Hal ini terjadi karena otot dibagian tersebut sedang berkontraksi. Saat anda menstruasi kontraksi otot akan lebih terasa. Hal ini dikarenakan dinding rahim sedang mencoba untuk meluruhkan seluruh darah kotor yang menempel pada dinding rahim anda.

2. Muncul jerawat

Salah satu gejala lain mulainya siklus menstruasi adalah apabila pada wajah anda muncul beberapa jerawat pada derah tertentu. Munculnya jerawat ini diakibatkan oleh hormon tubuh yang sangat meningkat dan tidak stabil. Hal ini akan menimbulkan timbunan minyak pada kulit. Semua itu akan berujung pada munculnya jerawat.

3. Payudara sensitive

Areola payudara akan membesar apabila anda akan mengalami siklus menstruasi. Besarnya areola pada payudara akan memberikan kesan bahwa payudara anda bertambah besar. Selain itu apabila anda tanpa sengaja memegang payudara anda, maka anda akan merasakan sakit pada bagian tubuh anda tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *