Loading

wait a moment

Kapan Harus Lakukan Spooring Mobil

spooring mobil

Teman Ardini – Spooring Mobil adalah penyetalan kaki-kaki mobil anda agar sesuai spesifikasi pabrik. Lalu kenapa sporring harus dilakukan?. Jawabannya sangat sederhana. Karena sebenarnya roda mobil, khususnya bagian depan adalah komponen yang tidak tetap. Keadaan roda biasanya akan berubah akibat pemakaian sehari-sehari dalam jangka waktu yang lama, setelan lebih cepat berubah jika sering melewati jalan rusak atau menghajar lubang pada kecepatan tinggi. Untuk memperbaiki keadaan itulah dilakukan penyetelan kembali roda agar roda dapat menapak sempurna.

Salah satu fungsi dari Spooring adalah mengembalikan setelan pada roda-roda agar sesuai dengan angka  yang dianjurkan pabrikan. Jadi pada alat spooring memiliki data base setelan kaki-kaki hampir seluruh mobil yang pernah diproduksi dan berpatokan pada data tersebut kondisi setelan pada kaki-kaki mobil dikembalikan.

Lalu kapan soppring mobil harus dilakukan?.

Selama ini masih beredar luas mitos terkait proses tersebut yang keliru di masyarakat. Banyak yang beranggapan spooring dan balancing kaki-kaki mobil itu sebaiknya dilakukan tiap kelipatan 10.000 km atau 6 bulan sekali. Padahal kebutuhan penyesuaian kaki-kaki mobil tergantung dari kondisi jalan yang dilalui setiap hari serta perilaku pengemudinya.

Namun ada beberapa indikasi mobil harus segera dilakukan sporing, antara lain:

spooring mobil

1. Jalan mobil tidak bisa lurus

Ciri yang paling mudah untuk diketahi adalah ketika mobil tiba tiba berjalan miring, padahal kondisi setir dalam keadaan lurus. Selain itu, sering kali bergerak ke arah-arah tertentu yang berbeda dari arah setir. Tentu saja jika hal ini terjadi pada mobil anda, maka mau tidak mau anda harus segera membawanya ke bengkel untuk diperbaiki lebih lanjut. Jika tidak tentu saja nantinya akan membahayakan keamanan dan keselamatan anda saat berkendara.

2. Keausan ban yang tidak merata

Bila terjadi keausan atau pengikisan ban yang tidak merata, ini juga merupakan indikasi bahwa mobil harus segera dilakukan spooring. Pengikisan yang tidak merata ini biasanya disebabkan karena salah satu dari roda mobil ataupun keduanya berjalan miring sehingga tak seluruh ban menapak ke jalanan dengan sempurna.

3. Stir berat

Salah satu tanda paling mudah dikenali adalah saat kemudi terasa sangat berat. Kondisi kemudi yang berat ini biasanya disebbakan karena setir condong ke arah kanan atau kiri. Namun hal yang paling parah lainnya adalah kondisi setir yang tidak dapat berputar kembali ke posisi awal ketika dibelokkan. Ciri lainnya yang dapat terlihat adalah kondisi setir yang terasa membelok sendiri padahal kondisi jalanan sedang lurus.

4. Stir bergetar

Selain stir yang terasa berat, stir bergetar saat mobil dijalankan dikecepatan tertentu juga merupakan indikasi mobil harus segera dilakukan spooring. Getaran pada setir ini biasanya hingga mencapai ke posisi penumpang yang ada di belakang bahkan disertai dengan bunyi bunyi yang berasal dari ban yang tidak seimbang. Jika dibiarkan terus menerus maka tentu saja menyebabkan ban menjadi cepat gundul.

5. Roda dan arah stir berbeda

Ketika kemudi berbelok, sudah sewajarnya jika roda mobil juga ikut berbelok mengikuti arah setir kemudi. Namun ketika roda susah mengikuti serta cenderung untuk lurus maka dapat dipastikan jika kondisi mobil anda memang sedang tidak baik dan harus segera di spooring.

6. Mobil Terguncang Saat Belok

Ciri ciri lainnya ketika mobil harus segera di spooring adalah saat anda merasa adanya guncangan ketika membelokkan kendaraan. Padahal kondisi jalanan yang anda lalui benar-benar mulus tidak ada kerusakan. Tentu saja ini dikarenakan kondisi mobil yang memang tidak baik dan harus segera dilakukan spooring.

Itulah beberapa tanda atau indikasi mobil harus segera dilakukan spooring untuk mengembalikan ferforma mobil menjadi baik. Apabila mendapati mobil kesayangan beberapa indikasi seperti diatas segerlah bawa mobil kebengkel untuk dilakukan spooring. Dan rajinlah mencek keadaan mobil kesayangan anda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dijalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *