Loading

wait a moment

Jangan Ngaku Pecinta Keju, Kalau Belum Tahu 8 Keju di Dunia Ini!

Sumber : sisternet.co.id

Teman Ardini – Kalau kamu penyuka keju, apakah tahu kalau ada bermacam-macam jenis keju yang ada di dunia ini? Kita pasti tak jarang mendengar maupun menemukan jenis keju cheddar, mozzarella, parmesan dan edam di supermarket. Bahkan jika ditelusuri lagi di dunia ini ada puluhan jenis keju. Ada juga keju yang memiliki rasa tajam dan nggak sesuai sama lidah orang Indonesia, jadinya ya nggak dijual di negara kita ini.

Keju terbuat dari susu dan bakteri yang berbeda dengan cara penyimpanan khusus tentunya. Waktu fermentasinya untuk bisa mendapatkan hasil keju yang baik bermacam-macam mulai dari beberapa jam saja hingga bertahun-tahun pun ada. Alhasil kamu akan mendapatkan rasa serta tekstur berbeda dari masing-masing keju tersebut. Tak hanya itu saja, cara penyajiannya pun unik sesuai negara asalnya. Nah supaya kamu nggak penasaran, langsung saja yuk, cari tahu apa saja jenis keju yang tersebar di dunia.

1. Brie

Sumber : tahupedia.com

Selain keju, negara Perancis juga terkenal akan penghasil anggur yang bagus. Salah satu jenis keju dari negara ini yang paling terkenal adalah keju Brie. Dengan warna putih elegan dan rasanya yang begitu tajam, tak heran kalau keju ini bahkan dijuluki sebagai ratunya para keju.

 2. Cheddar

Sumber : bangka.tribunnews.com

Keju cheddar menjadi keju yang pertama kali kita kenal sejak kecil, sebab kita sering melihatnya di televisi yang biasa kita kenal sebagai keju kraft. Meskipun terkenal di Amerika dan Indonesia, pasalnya keju cheddar ini berasal dari Inggris.

 3. Mozzarella

Sumber : merahputih.com

Mau di Indonesia maupun di dunia pasti semua orang ingin sekali mencoba keju Mozzarella ini. Keju yang berasal dari Italia ini cara pembuatannya cukup mudah. Waktunya pun nggak lama, cukup tunggu beberapa jam saja untuk memfermentasi keju ini. Kamu bisa memakai susu kerbau sebagai bahan pembuat keju mozarellanya.

4. Gouda

Sumber : kumparan.com

Keju Gouda ini memiliki namanya sendiri di Indonesia yakni keju edam. Berasal dari Belanda, keju ini mudah banget untuk dikenali, sebab pada umumnya di bagian luar keju ini terbuat dari lilin merah. Gouda tergolong dalam jenis keju tua karena tekstur yang dimilikinya pun cukup keras, selain itu rasanya juga gurih.

5. Feta

Sumber : glitzmedia.co

Terbuat dari susu kambing atau domba, keju Feta ini memiliki waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasil fermentasi. Keju yang berasal dari Yunani ini punya tekstur padat serta mudah hancur. Pada umumnya keju feta ini dipakai sebagai taburan di atas salad

6. Circassian

Sumber : kawaikazan.ru

Seperti halnya mozarella, keju circassian ini memiliki rasa yang tak terlalu kuat. Uniknya lagi meskipun sudah dipanggang bentuk dari keju ini nggak berubah. Berasal dari Rusia, keju ini terbuat dari susu sapi, domba maupun kambing.

 7. Monterey Jack

Sumber : today.line.me

Terbuat dari susu sapi yang dapat menciptakan rasa creamy serta punya beberapa varian mulai dari colby-jack, cheddar-jack hingga pepper-jack, keju ini berasal dari Amerika Serikat. Pada awalnya keju ini dibuat oleh orang Meksiko yang hidup di California. Dan suatu ketika seseorang bernama David Jack menjual keju ini secara komersial.

8. Emmental

Sumber : bobo.grid.id

Ini dia keju yang sering muncul di serial kartun Tom and Jerry. Punya rasa asin dan gurih yang lembut, keju berlubang-lubang ini berasal dari Swiss. Awalnya sih banyak yang mengira kalau lubang pada keju ini sebagai kekurangan, tetapi hingga pada akhirnya hal tersebut membuat keju ini menjadi terkenal sebab keunikannya itu. Kamu bisa memakan keju ini dengan campuran sereal, lho.

Nah, itulah 8 jenis keju yang berasal dari berbagai negara. Kamu bisa menambahkan keju ke dalam serela supaya lebih sehat lagi. Kalau kamu mendapat kesempatan untuk pergi ke luar negeri, keju mana yang ingin kamu coba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *