Loading

wait a moment

Jaga Kesehatan Janin dengan Lakukan Hal Berikut

kesehatan janin

Teman Ardini – Kehamilan adalah hal yang luar biasa. Ada kehidupan ekstra menunggu kelahiran di tubuh ibu. Pasti menyenangkan merasakan dia menendang dan bergerak gerak. Nah, agar kondisi janin selalu sehat, begitu juga para bunda, ikuti cara-cara berikut ini.

kesehatan janin

1. Merubah Gaya Hidup

Dengan adanya bayi di perut ibu, segalanya harus berubah. Bentuk tubuh pasti akan berubah seiring dengan pertumbuhan janin. Untuk mengakomodasi perubahan tersebut, sebaiknya ibu melakukan perubahan sendiri. Ubah gaya hidup tidak sehat segera setelah kehamilan.

Jika ibu suka minum kopi (atau minuman berkafein lainnya) selama ini, gantilah dengan minum air mineral. Jika ibu sudah terbiasa bangun terlambat, segera hentikan. Gaya hidup yang tidak sehat, seperti berdiri larut, seringkali perlu dihentikan karena dapat mempengaruhi perkembangan janin.

2. Konsumsi Makanan yang Sehat

Selama hamil, ibu harus memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Ingat, ibu sekarang makan tidak hanya untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk bayi yang ada di dalam kandungan. Oleh karena itu, ibu tidak boleh sembarangan dalam makan.

Hindari junk food dan junk food yang mengandung kandungan berbahaya. Sebagai gantinya, ibu bisa makan buah dan sayur. Beberapa jenis kacang-kacangan, seperti almond, juga baik untuk perkembangan janin. Kombinasikan beberapa jenis makanan ini dalam menu harian yang sehat untuk menjaga kesehatan tubuh dan janin Anda.

3. Rutin Kontrol dengan Dokter

Beberapa ibu mungkin menganggap melakukan kontrol ke dokter kandungan tidak terlalu penting. Apalagi jika kondisi rahim terlihat normal dan baik. Tapi ibu seharusnya tidak berpikir begitu. Dokter kandungan akan membantu ibu memahami kondisi janin saat ini.

Selain itu, dokter juga dapat memberikan solusi terbaik dan teraman untuk masalah kesehatan janin dan ibu hamil. Berkat kunjungan rutin ke dokter kandungan, para ibu juga bisa mengetahui pantangan apa yang harus dihindari ibu hamil. Termasuk obat-obatan dan kosmetik yang dapat memicu alergi jika digunakan dalam kehamilan.

Jangan malas beraktivitas. Beban ekstra pada perut saat hamil tentunya menghalangi ibu hamil untuk bergerak secara normal. Akhirnya, keengganan untuk bergerak muncul. “Tidak ada olahraga, sulit mengubah posisi tidur!” mungkin itulah yang dirasakan ibu hamil.

Meski begitu, sebaiknya ibu tidak menjadikan kehamilan sebagai alasan untuk malas beraktivitas. Tenang saja, ibu tidak harus melakukan olahraga berat untuk menjaga kesehatan tubuhnya selama hamil. Bahkan olahraga ringan, seperti jalan-jalan di pagi hari, baik untuk menjaga detak jantung Anda tetap stabil.

4. Mencari Informasi Terpercaya

Saat kamu hamil tentunya banyak hal baru yang membuat bunda penasaran. Ini mungkin membuat Ibu tergerak untuk mencari jawabannya. Apalagi saat ini sudah banyak media yang bisa mendapatkan informasi seputar kehamilan.

Namun, ibu sebaiknya tidak menelan informasi tersebut dengan cepat. Selalu periksa untuk mengetahui apakah Anda mendapatkan informasi baru tentang kehamilan Anda, baik secara online atau dari kerabat. Tujuannya agar ibu tidak memberikan informasi yang salah, dan ia bisa membahayakan rahim.

Menjaga kesehatan selama kehamilan sangat penting. Dengan tetap sehat, ibu dan bayi dalam kandungan bisa melalui proses persalinan yang lancar.

Karenanya, menjaga kesehatan selama hamil sangat penting bagi kesehatan Anda dan janin. Apakah Anda siap dengan berbagai cara untuk menjaga kesehatan ibu hamil ini? Di klikdokter.com, Anda dapat melihat berbagai artikel kehamilan dan kesehatan janin supaya anda bisa menjaga kesehatan janin hingga persalinan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *