Loading

wait a moment

Ini 9 Tahap Pertumbuhan Bayi Dalam Kandungan

pertumbuhan bayi

Teman Ardini – Bagi pasangan suami dan istri pasti mengingnkan seorang buah hati, bahkan banyak suami yang sangat antusias bila mendapatkan kabar bahwa istrinya sedang hamil, Pertumbuhan Bayi pun pasti dinanti-nanti dengan sabar

Namun masih banyak yang belum tahu ternyata ertumbuhan bayi saat dalam kandungan berjalan sangatlah cepat, bahkan ternyata bayi dalam kandungan sudah belajar banyak hal seperti tertawa dan menangis yang merupakan salah satu tanda bahwa anak sedang tumbuh dan berkembang dalam kandungan ibunya.

Nah bagi kalian calon ibu atau calon bapak yang ingin tahu bagaimana proses pertumbuhan bayi saat masih dlam kandungan, berikut ini kami akan berikan informasinya.

pertumbuhan bayi

Minggu Pertama – 1 Bulan

Pada usia satu bulan, biasanya bayi masih berbentuk embrio yang memiliki ukuran sangat kecil layaknya kacang hijau. Sebab, calon janin yang berada di dalam perut baru saja mengalami pembentukan. Fase pertama ini sangat rawan, sehingga ibu yang tidak berhati-hati bisa kehilangan calon bayinya.

Lanjut ke Bulan Kedua

Pada tahap usia dua bulan biasanya embrio yang ada pada rahim sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Di mana organ-organ dan jaringan tubuh seperti struktur dasar otak, mulut, mata, dan hidung mulai terbentuk. Namun bagian-bagian tersebut masih sangat amat kecil.

Pada bulan ke tiga

Memasuki usia 3 bulan senantiasa membuat perut sang ibu akan bertambah besar. Hal ini menandakan jika semua tulang dan semua organ vital sudah terbentuk sempurna dan sudah dapat berfungsi dengan baik. Hanya saja, pada usia ini, bayi belum mampu membuka matanya dan mengaktifkan kemampuan panca indranya.

Lalu pada usia kehamilan bulan ke empat

Ketika memasuki usia 4 bulan, bayi sudah mulai dapat bergerak, mendengarkan suara, hingga tertidur. Percaya atau tidak, bayi yang tidur di dalam kandungan juga dapat bermimpi layaknya ketika sudah lahir. Selain itu, bayi yang berkembang dalam tahap ini sudah dapat diprediksi jenis kelaminnya.

Kehamilan Bulan ke lima

Memasuki usia 5 bulan, berat badan dan ukuran tinggi janin sudah sangat berkembang. Selain itu, tulang rawan yang membentuk janin mulai berubah menjadi tulang keras pada umumnya. Hal ini diikuti pula dengan lapisan lemak yang mulai tumbuh untuk menjaga suhu tubuh bayi setelah lahir.

Lalu lanjut ke bulan ke enam

Perkembangan janin yang telah mencapai 6 bulan membuat jenis kelamin janin sudah bisa dipastikan dengan jelas. Meskipun tergantung pada posisinya juga, yang akan memudahkan atau menyulitkan identifikasi jenis kelaminnya. Selain itu, mata bayi juga mulai berkembang dan sensitif terhadap cahaya.

Lalu pada kehamilan bulan ke tujuh

Pada usia 7 bulan, sistem organ dan tubuh janin sudah menuju sempurna. Mulai dari sistem indera, sistem saraf, dan beberapa sistem lainnya, hingga ibu dapat merasakan sang calon bayi sedang terbangun atau tidur. Hal ini biasanya ditandakan dengan gerakan sadar yang dilakukan bayi seperti menghisap jempol.

Dibulan ke delapan

Janin yang memasuki usia 8 bulan pada dasarnya disebut sebagai tahap pematangan. Perkembangan tersebut biasanya berpengaruh pada berat badan dan ukuran janin. Selain itu, janin juga mulai berputar menuju arah jalan keluar.

Kemudian dibulan ke Sembilan

Pertumbuhan dan perkembangan janin di usia 9 bulan merupakan penyempurnaan setiap tahapan yang sudah dilalui. Di mana seluruh organ tubuh janin sudah berfungsi sesuai dengan bagiannya masing-masing. Selain itu, kepala janin juga sudah masuk panggul ibu sehingga biasanya akan ada kontraksi yang dirasakan sebagai pertanda janin sudah ingin keluar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *