Loading

wait a moment

Hindari 7 Kesalahan Ini dalam Mendesain Ruangan Dapur

desain interior

Teman Ardini – Tak hanya ruangan utama rumah saja, dapur pun butuh sentuhan desain interior untuk membuatnya terlihat makin menarik. Jika Anda nyaman saat berada di dapur, tentu saja Anda semakin menikmati aktivitas memasak yang dilakukan di sana. Namun, jangan sembarangan saja dalam mendesain dapur. Hindari 7 kesalahan ini saat mendesainnya, agar dapur bisa terlihat indah.

desain interior

1. Tak Memilih Desain yang Sesuai dengan Ukuran Dapur

Dapur yang luas tetap akan terasa sempit, jika pemilihan desainnya tak sesuai. Maka dari itu, pilihlah desain yang sekiranya sesuai dengan ukuran dapur Anda. Jangan paksakan desain island, jika sekiranya dapur Anda berukuran kecil, karena hanya akan membuat dapur makin sempit. Anda bisa menggunakan jasa desainer interior, untuk memilihkan desain yang tepat sesuai ukuran dapur Anda.

2. Mengedepankan Harga Dibandingkan Kualitas

Bujet tentu saja menjadi salah satu pertimbangan Anda dalam memilih kitchen set serta perabotan lain untuk dapur, namun jangan sampai kualitasnya diabaikan. Jangan hanya karena harganya murah, lalu Anda memutuskan untuk menggunakannya. Ingatlah bahwa material yang tak berkualitas, akan mudah mengelupas dan rusak, karena rentan terkena cipratan air dan minyak saat memasak.

3. Tak Menggunakan Backsplash

Backsplash merupakan lapisan khusus pada sisi dinding, tempat countertop berada. Mengingat posisinya yang rentan terkena cairan, seperti minyak dan air, maka pemilihan backsplash harus begitu diperhatikan. Pilihlah backsplash yang tak hanya indah, namun juga tahan akan cipratan cairan tersebut. Jangan biarkan dinding tanpa backsplash, karena akan susah membersihkannya nanti.

4. Tak Menyediakan Ruang yang Cukup di Depan Kabinet

Pastikan Anda menyediakan ruang yang cukup untuk kabinet, termasuk saat laci kabinet tersebut dibiarkan terbuka. Jangan sampai laci kabinet tak bisa dibuka sepenuhnya, karena ruangan di depannya yang terlalu sempit. Pastikan Anda bisa berdiri dengan sempurna di depan kabinet tersebut, dalam keadaan lacinya yang terbuka maksimal.

5. Tak Memilih Material Countertop yang Tepat

Dalam memilih countertop, tak hanya materialnya saja yang harus diperhatikan, namun juga style dari countertop tersebut. Pilihlah countertop dengan desain dan warna, yang sesuai dengan lantai, kabinet, serta warna dinding dapur Anda. Kesesuaian desain dan warna ini, akan menyajikan nilai estetika lebih saat Anda memandanginya dapur secara keseluruhan.

6. Pemilihan Lighting yang Asal-Asalan

Pencahayaan yang pas akan membuat Anda merasa lebih nyaman saat beraktivitas di dapur, baik itu memasak atau pun menyantap makanan. Jangan pilih pencahayaan yang redup, karena akan membuat orang atau bahkan Anda sendiri enggan untuk mengunjungi dapur. Jangan pula pilih pencahayaan yang terlalu terang, karena hanya akan membuat mata menjadi silau saat berada di sana.

7. Ruang Kabinet yang Cukup Menampung Peralatan Dapur

Pilihlah kabinet atau rak di dapur, yang bisa menyimpan semua peralatan dapur yang Anda miliki. Pertimbangkan dengan matang, ukuran dari kabinet yang sekiranya bisa menampung peralatan dapur yang Anda miliki. Jika kabinet yang Anda pilih tak cukup untuk menampung peralatan tersebut, bisa-bisa peralatan berakhir di atas countertop yang membuat dapur malah terlihat sempit.

Itulah tadi 7 kesalahan yang harus dihindari saat mendesain ruangan dapur. Salah memilih desain, akan membuat dapur tak nyaman ditempati. Jangan khawatir jika ruangan dapur Anda berukuran kecil, karena Anda bisa gunakan jasa desain interior minimalis dari Fabelio, untuk memperindahnya. Dapur yang tertata rapi dan indah, akan membuat Anda nyaman beraktivitas di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *