Loading

wait a moment

Harapan Masyarakat Terhadap Harga Sembako di Pasaran

berita pilpres 2019

Ardini Humaira – Bahan sembako merupakan persoalan yang tak kalah penting dan juga menjadi wacana yang terus dibicarakan. Dilansir melalui berita pilpres 2019, di hari-hari tertentu seperti lebaran atau perayaan besar yang harga sembako cenderung naik. Berikut ini beberapa harapan masyarakat terhadap harga sembako di pasaran.

berita pilpres 2019

1. Tidak Perlu Impor

Indonesia merupakan negara yang memiliki lahan pertanian luas. Hal ini tentu membuat lahirnya harapan agar tidak adanya impor yang terlalu besar dari negara lain. Harapannya Indonesia bisa memenuhi kebutuhan pokoknya sendiri secara mandiri. Ini akan menguntungkan dan membuat banyak lapisan masyarakat menjadi lebih sejahtera.

2. Harga yang Stabil

Harapan selanjutnya adalah harga sembako bisa stabil yang bisa dipenuhi jika jumlah sembako tidak dikategorikan langkah. Stabilitas harga ini bisa didapatkan dengan adanya kontrol dari berbagai lapisan termasuk pemerintah agar tidak terjadi perubahan signifikan.

Harapan ini tentunya menjadi harapan semua lapisan masyarakat terutama bagi kalangan menengah ke bawah. Sembako merupakan kebutuhan pokok yang tidak bisa diabaikan atau pun digantikan dengan barang lainnya. Anda bisa mengetahui kenaikan harga ini dengan mudah ketika harganya sudah tidak seperti biasanya.

3. Pemetaan Wilayah Pangan

Harapan selanjutnya terkait dengan sembako ini adalah adanya upaya pemerintah dalam melakukan pemetaan wilayah produksi pangan nasional. Pemetaan ini akan membantu mengetahui penyebab dari naiknya harga pangan yang terlalu tinggi.

Perlu adanya manajemen data terhadap hasil pangan di setiap daerah. Ini nanti akan berhubungan dengan kementerian pertanian dalam melakukan manajemen atau kontrol hasil pertanian yang ada. Laporan dari pemetaan ini tentu bisa diakses dengan mudah. Anda tinggal menyediakan kartu internet untuk bisa melakukan koordinasi dengan baik.

Ada kartu SMARTFREN yang dapat menjadi pilihan dengan kapasitas jaringan 4g terbaiknya. Jenis paket data yang diinginkan bisa disesuaikan dengan kebutuhan karena ada banyak pilihannya. Anda tinggal memilih #Super4Gkuota yang diinginkan dan bisa langsung melihat harganya. Setelah itu jangan lupa untuk #KuotakanSuaramu saat menggunakan kartu ini.

4. Kelancaran Jalur Distribusi

Waktu-waktu seperti lebaran atau pun perayaan hari besar lainnya sering sekali kekurangan sembako karena adanya kendala di jalur distribusi. Harapannya ke depan tidak ada lagi masalah jalur distribusi dengan kelancaran arus yang terus dikontrol. Ini bisa lebih mudah dilakukan jika sudah ada pemetaan daerah penghasil sembako dan penyebarannya.

Bagaimanapun juga waktu yang diperlukan saat distribusi akan mempengaruhi harga sembakonya. Jika arus terkendala seperti macet yang super lama tentu biaya untuk bensinnya lebih besar dan ini menjadi hal yang penting untuk diperhatikan.

5. Tolak Hasil Penimbunan Sembako

Harapan kedepannya tidak ada lagi aktivitas penimbunan sembako yang dilakukan di daerah penghasil sembako. Harapannya tidak ada lagi pihak yang melakukan penimbunan bahan sembako. Ini hanya bisa diketahui jika aparat yang berwenang menjalankan tugas dengan baik maka tidak ada lagi masalah terkait sembako.

Ketika aktivitas ini sudah terkendali maka ini akan membuat harga sembako selalu stabil dan tidak akan membuat rakyat merasa tercekik. Tidak akan ada lagi protes yang membuat wacana sembako ini gempar dan memancing banyak kemarahan tanpa ada solusi. Harapannya juga diberikan sanksi yang sesuai kepada oknum yang menyimpan hasil panen.

Ini beberapa harapan masyarakat untuk Indonesia lebih baik. Seluruh aparat pemerintah diharapkan bisa bekerja sama membimbing masyarakat agar bisa lebih memahami seluk beluk yang ada. Sembako yang selalu stabil menjadi salah satu cara membuat masyarakat menjadi sejahtera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *