Loading

wait a moment

Gejala dan Penyebab Microsleep Yang Harus Anda Tahu

Teman Ardini – Tidur merupakan sebuah tindakan mengistirahatkan tubuh secara alami dalam kondisi yang tidak sadar. Hal yang tentu saja sudah sangat umum.

Selain itu, tidur pun punya peranan penting bagi setiap orang, salah satunya adalah mendetoks atau membuang racun di dalam tubuh secara alami.

Oleh karenanya setiap orang disarankan untuk mencukupi waktu tidurnya, yakni sekitar delapan jam sehari. Kalau bisa menambahnya dengan istirahat siang, walau hanya 15 menit saja untuk tidur.

Akan ada banyak kerugian yang dialami jika seseorang sering menunda-nunda dan mengurangi waktu tidurnya, Salah satu kerugian tersebut adalah microsleep. Berikut ulasanya seperti yang dikutip dari situs Qupas.id :

Tahukah kamu apa itu microsleep?

Dihimpun dari berbagai sumber, microsleep adalah sebuah kondisi di mana seseorang sering tertidur secara tiba-tiba tanpa disadarinya.

Kalau orang normal, sebelum tidur umumnya dia akan mengalami sebuah fase yang bernama ngantuk. Bahkan, di saat ini pun orang yang normal bisa menahan untuk tidak tidur.

Berbeda dengan penderita microsleep. Mereka tidak akan merasa ngantuk, tapi tiba-tiba langsung tidur begitu saja ketika kondisi tubuh sudah mulai melemah.

Tentu saja hal ini menjadi sebuah masalah serius yang harus diperhatikan dan dicari solusi. Sebab sering terjadi para penderita microsleep mengalamai kecelakaan lalu lintas akibat tertidur secara tiba-tiba.

Selain itu, masalah ini juga akan mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti sekolah maupun bekerja.

Namun setelah banyaknya kasus yang terjadi akibat penyakit ini, para pakar melakukan riset dan survey kepada partisipan.

Ditemui hasil bahwa faktor utama pemicu datangnya microsleep adalah kondisi otak yang sangat lelah dan membutuhkan waktu istirahat.

Lebih lanjut lagi pakar medis tersebut mengatakan bahwa microsleep sebenarnya memiliki gejala-gejala, seperti menguap secara berlebihan, mata sangat berat, dan yang paling parah adalah tidak bisa mengingat kejadian satu menit lalu.

Apakah microsleep bisa disembuhkan?

Tentu saja bisa. Hanya saja proses yang dibutuhkan tidak sebentar. Seseorang harus menjalani serangkaian terapi yang akan menyita banyak waktu.

Sampai benar-benar sembuh total, biasanya penderita microsleep tidak diperkenankan untuk melakukan aktivitas di luar rumah karena risikonya cukup besar.

Maka dari itu, sebelum kita terkena penyakit ini, jagalah jam tidur dan jangan menggadaikan kesehatan untuk begadang.

Sumber : https://www.qupas.id/daily/waspada-microsleep-inilah-gejala-dan-penyebabnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *