Loading

wait a moment

Gangguan Pertumbuhan Pada Anak Prematur

siklus tumbuh kembang anak

Teman Ardini – Memahami tentang siklus tumbuh kembang anak yang benar membantu Anda sebagai orang tua untuk mengetahui secara dini jika anak mengalami gangguan pertumbuhan. Semakin cepat masalah pertumbuhan anak diketahui, maka proses penanggulangannya tidak akan memakan waktu yang lama. Ciri anak yang mengalami pertumbuhan yang baik adalah tinggi dan berat badannya sesuai dengan usia, aktif, nafsu makan baik, kulit terlihat bersih dan rambut tidak kering.

Pada persalinan yang tidak cukup bulan biasanya terdapat gangguan pada tumbuh kembang bayi prematur. Gangguan ini bisa saja dialami dalam waktu jangka panjang atau bahkan seumur hidup anak.

siklus tumbuh kembang anak

Berikut ini gangguan yang mungkin saja bisa dialami oleh bayi yang terlahir prematur:

  • Retinopati Prematuritas

Kondisi ini pada bayi prematur dapat mengakibatkan pembuluh darah mengalami pembengkakan kemudian dapat menimbulkan kelainan lapisan saraf pada bagian retina mata dan menyebabkan retina lepas dari posisinya. Jika tidak diatasi dengan segera dapat mengakibatkan kebutaan.

  • Pendengaran Terganggu

Pada bayi yang terlahir prematur dan disertai dengan berat badan lahir rendah dapat menyebabkan terganggunya pendengaran yang dapat diakibatkan oleh masalah pada telinga atau otak. Kondisi ini juga tak jarang menyebabkan hilangnya kemampuan untuk mendengar.

  • RDS

Respirator yang Distress Syndrome (RDS) atau lebih dikenal dengan sindrom gawat napas. Hal ini terjadi karena pada bayi yang prematur, paru-parunya belum berkembang dengan sempurna.

  • Kecerdasan Terganggu

Meskipun tidak selalu terjadi, namun kelahiran prematur dapat menyebabkan keterlambatan perkembangan serta kemampuan intelektual yang tidak sempurna. Akan tetapi tidak semua anak prematur mengalami risiko gangguan kecerdasan.

  • Penyakit Asma

Pada beberapa anak dengan kelahiran prematur sangat rentan mengalami gangguan pernapasan seperti asma. Hak ini dikarenakan oleh saluran pernapasan yang belum tumbuh dengan baik. Pada beberapa kasus, anak prematur juga mengalami apnea atau berhentinya napas dalam jangka waktu 20 detik atau lebih.

  • Terserang Infeksi

Pada anak dengan kelahiran prematur sangat rentan terkena serangan virus, bakteri, atau organisme lainnya. Infeksi yang umumnya menyerang adalah pneumonia, sepakat, atau meningitis.

Dengan perawatan yang benar, bayi prematur dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Ikuti anjuran dokter dan selalu lakukan terapi yang disarankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *