Loading

wait a moment

Cara Mudah Mengetahui Tumbuh Kembang Anak Normal Atau Tidaknya

cek perkembangan anak

Teman Ardini – Pastinya setiap orang ingin anaknya bisa tumbuh dan berkembang dengan sangat baik. Tetapi terkadang munculnya pertanyaan, “Tumbuh kembang anakku normal apa tidak ya?”. Untuk mengetahui jawabannya, ada cara mudah yang bisa bunda dan ayah lakukan untuk bisa cek perkembangan anak normal atau tidaknya.

Cara mudah mengetahui tumbuh kembang anak normal atau tidaknya, adalah sebagai berikut :

cek perkembangan anak

1. Dengan melihat Pertumbuhan Anak Saudara Atau Tetangga Yang Seumuran Dengan Anak Bunda Dan Ayah

Cara mudah yang pertama adalah dengan melihat pertumbuhan anak saudara atau anak tentangga yang seumuran dengan anak bunda dan ayah. Melihat pertumbuhan anak lain yang seumuran memang cara paling mudah untuk mengetahui norma atau tidaknya tumbuh kembang si kecil. Tetapi akan jauh lebih baik lagi jika anak diperiksakan rutin ke posyandu.

2. Rajin Mengisi Formulir Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP)

Cara mudah kedua yang bisa dilakukan untuk mengetahui anak tumbuh kembangnya normal atau tidak adalah dengan rajin mengisi formulir Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP). Pastinya para bunda sudah tidak asing lagi  dengan formulir satu ini yang bisa diunduh di situs remsi Kementrian Kesehatan. Formulir ini harus bunda isi semenjak si kecil berusia 3 hingga 72 bulan. Jadi, bunda harus rajin.

Digunakannya formulir KPSP ini untuk bisa mengetahui normal atau adakah penyimpangan pada tumbuh kembang anak. Tetapi tantangannya saat ini adalah sebagian bunda masih tidak telaten atau rajin.

3. Menggunakan Aplikasi Primaku

Dan cara terakhir yang paling modern dan akurat adalah dengan menggunakan aplikasi Primaku yang dirilis oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Primaku adalah aplikasi yang bisa diakses oleh dokter spesialias anak dan orang tua. Untuk saat ini, aplikasi Primaku tersebut hanya bisa diakses melalui handphone berbasis Android saja. Didalam aplikasi ini adanya formulir KPSP serta jadwal imuninasi yang lengkap.

Adanya aplikasi Primaku ini sangat membantu para orang tua yang baru memiliki bayi serta membutuhkan konsultasi, imunisasi, cek kesehatan, dan masih banyak lagi, tetapi sulit untuk bisa keluar seperti ditengah pandemi seperti saat ini. Tetapi kehadiran aplikasi Primaku ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah sulit tersebut. Lalu aplikasi Primaku itu apa? Berikut dibawah fakta menarik tentang aplikasi Primaku :

1. Aplikasi Tumbuh Kembang Anak Dari IDAI

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa aplikasi Primaku merupakan sebuah aplikasi tumbuh kembang anak dari Ikatan Dokter Anak Indonesia. Dengan menggunakan aplikasi ini, para orang tua bisa memantau periode penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

2. Bisa Didapatkannya Beberapa Hal

Di aplikasi Primaku ini bisa didapatkannya beberapa hal seperti kurva pertumbuhan (berat, panjang, dan lingkar kepala). Orang tua bisa mengukurnya dari rumah lalu bisa melihat apakah tinggi dan berat anaknya bermasalah atau tidak. Para orang tua juga akan mendapatkan grafik WHO & CDC, Interprestasi pertumbuhan, simpan data anak, serta rekomendasi gizi anak.

3. Bisa Dilihat Juga Beberapa Hal Tentang Tumbuh Kembang Anak

Orang tua juga bisa memanfaatkan aplikasi Primaku ini untuk melihat beberapa hal penting tentang tumbuh kembang anak seperti :

  • Stimulasi perkembangan
  • Jadwal imunisasi
  • Artikel kesehatan

Untuk mengunduh aplikasi ini, para orang tua hanya perlu masuk ke Google Store dengan kata kunci Primaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *