Loading

wait a moment

Cara Mudah Atasi Rambut Kering Tanpa Harus ke Salon

rambut kering

Teman Ardini – Punya rambut kering memang tak nyaman. Apalagi, bila rambut itu sudah sampai tahap rontok dan bercabang. Keadaan ini jelas akan mengganggu penampilan Anda. Bahkan, kebanyakan wanita akan merasa malu dengan penampilan mereka seperti ini. Namun tenang, kini Anda bisa mengatasi masalah rambut yang kering dengan mudah tanpa harus ke salon!

rambut kering

1. Gunakan Penutup Kepala

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rambut yang kering adalah dengan menggunakan penutup kepala. Cara ini cukup efektif untuk mengurangi rambut kotor akibat polusi udara. Dengan rambut yang lebih bersih, setidaknya rambut Anda jadi lebih nyaman.

2. Keramas Setidaknya Dua Hari Sekali

Memang sih, keramas memang akan membuat rambut Anda dingin dan lembap. Namun sehabis itu? Selain itu, keramas sering juga bisa membuat rambut Anda makin rusak terlebih bila sampo yang digunakan mengandung bahan kimia yang tak cocok untuk kepala. Cukup keramas dua hari sekali atau tiga kali dalam seminggu saja.

3. Gunakan Kondisioner Sehabis Keramas

Untuk menjaga rambut Anda agar tetap lembut, Anda bisa menggunakan kondisioner sehabis keramas. Kondisioner membantu menjaga kelembapan rambut Anda dan mengurangi rambut yang kering dan pecah. Bagi Anda yang sering terkena paparan sinar matahari, menggunakan kondisioner sehabis keramas adalah hal yang perlu.

4. Kurangi Penggunaan Pengering Rambut

Menggunakan pengering rambut memang sangat membantu bila Anda dalam kondisi buru-buru namun harus tampil maksimal. Namun, sebaiknya gunakanlah hanya ketika perlu saja. Jangan gunakan setiap kali habis keramas karena ini akan membuat rambut Anda makin cepat rusak.

Gunakanlah cara mengeringkan rambut yang alami seperti membiarkannya kering sendiri. Selain itu, Anda juga bisa mengeringkannya dengan handuk. Namun, pastikan Anda tidak menggosoknya karena ini juga akan membuat rambut Anda cepat rusak dan makin kering.

5. Gunakan Masker Rambut

Untuk mengatasi masalah rambut kering, Anda juga bisa menggunakan masker rambut. Masker rambut yang berguna untuk mengatasi kekeringan ini adalah masker dari lemon dan madu. Perasan lemon yang dicampur madu berguna untuk menjaga kelembapan dan kesehatan rambut.

Cara menggunakannya cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan dua bahan itu saja dan oleskan ke rambut secara merata. Setelah itu, diamkan selama lebih kurang satu jam sebelum Anda membilasnya. Saat membilas, pastikan Anda membilasnya menggunakan air panas. Lakukan hal ini secara rutin paling tidak dua kali seminggu agar hasilnya maksimal.

6. Oleskan Minyak Zaitun

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menutrisi rambut adalah dengan mengoleskan minyak zaitun. Caranya juga mudah. Cukup basahi rambut lalu oleskan minyak zaitun secara merata. Setelah itu, diamkan selama lebih kurang 20 menit lalu cuci dengan sampo dan kondisioner. Lakukan juga ini secara rutin paling tidak satu kali dalam seminggu.

7. Hindari Penggunaan Warna Rambut

Ini yang paling sering diabaikan orang padahal inilah salah satu penyebab utama mengapa rambut bisa kering. Mewarnai rambut dengan berbagai warna memang cantik, tapi itu buruk untuk kesehatan rambut. Rambut yang sering diwarnai akan mudah kering dan pecah. Itu dikarenakan kandungan bahan kimia yang ada di dalamnya.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rambut kering dan kusam. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa harus pergi ke salon. Jika Anda rutin melakukannya, rambut Anda bisa kembali jadi lembut dan lembap serta tampilannya juga indah. Bila sudah begini, tentunya Anda juga akan jadi lebih percaya diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *