Loading

wait a moment

Cara Merawat Piano Keyboard Agar Awet dan Selalu Terlihat Baru

cara merawat piano keyboard
cara merawat piano keyboard
sumber : ohayo.co.id

Teman Ardini – Salah satu manfaat utama membeli piano keyboard baru adalah perawatannya yang jauh lebih sedikit daripada piano bekas. Namun, bukan berarti dengan memiliki piano digital kamu cukup menempatkannya di sudut rumah dan hanya mengingatnya ketika kamu ingin memainkannya saja. Sebaliknya, ada beberapa tugas perawatan yang harus dilakukan jika kamu ingin instrumen pianonya tetap dalam kondisi prima untuk waktu yang lama.

Merawat piano keyboard jauh lebih mudah jika kamu tahu apa yang harus dilakukan. Jadi, kami akan bagikan beberapa tips untuk menjaga keyboard kamu agar tetap dalam kondisi sempurna.

Pilih lokasi yang aman

cara merawat piano keyboard
sumber : ohayo.co.id

Keyboard dan piano digital rentan terhadap kerusakan saat terkena elemen tertentu. Karena itu, sama seperti ketika kamu meluangkan waktu untuk menaruh furniture di tempat yang tepat, kamu juga harus melakukan hal yang sama pada piano keyboard. Elemen utama yang harus diperhatikan antara lain panas, kelembaban, air, dan sinar matahari.

Pastikan untuk menghindari area yang terkena sinar matahari langsung dan letakkan instrumen setidaknya empat meter dari area yang lembab dan panas.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan ketika mencari lokasi yang aman untuk piano keyboard kamu adalah lalu lintas pejalan kaki. Area di mana orang sering lalu lalang harus dihindari karena instrumen rawan terkena benturan. Dan, jika ada orang yang secara tak sengaja menabrak atau membentur instrumen, segala macam kerusakan bisa terjadi, termasuk melonggarnya kunci, retak, dan goresan. Oleh karena itu, semakin sedikit lalu lintas pejalan kaki semakin baik.

Bersihkan instrumen dengan benar dan teratur

cara merawat piano keyboard
sumber : usedpiano.co

Pembersihan piano digital secara teratur sangat penting agar tetap terlihat menarik dan mencegah debu masuk ke tombol yang mengganggu kinerja instrumen. Namun, sangat sedikit orang yang mengetahui bagaimana cara membersihkan instrumennya. Pembersihan yang tepat membuat instrumen tampak bersih dan berkinerja dengan baik, sementara pembersihan yang tidak tepat dapat menyebabkan kerusakan yang jauh lebih buruk daripada efek debu pada instrumen.

Semua keyboard perlu dibersihkan dengan cara tertentu, jadi ingatlah untuk membaca buku instruksi manual kamu agar mengetahui metode pembersihan spesifik untuk model keyboard kamu. Kamu juga harus selalu menggunakan kain kering saat menyeka instrumen karena kain basah dapat menyebabkan kerusakan.

Pertahankan perawatan elektronik yang tepat

cara merawat piano keyboard
sumber : Shopee

Melalui perawatan elektronik yang tepat, kamu dapat memastikan bahwa instrumen tidak mengalami kerusakan akibat masalah kelistrikan. Kamu harus memastikan bahwa outlet yang kamu tancapkan terisolasi dengan baik dan berada dalam kondisi baik. Ini akan sangat membantu melindungi keyboard terhadap lonjakan daya dan pemadaman listrik mendadak.

Hal-hal lain yang harus dilakukan adalah:

  • Hindari mencolokkan keyboard kamu bersama peralatan listrik lainnya
  • Jauhkan kabel instrumen dari jangkauan anak-anak atau hewan peliharaan

Berhati-hatilah ketika berada di sekitar keyboard

cara merawat piano keyboard
sumber : segelas.info

Berbagai benda seperti remah-remah, rambut, minyak, gula, minuman, dan lain-lain semuanya bisa menyebabkan masalah bila tumpah ke keyboard kamu. Masuknya barang-barang ini dapat menyebabkan kerusakan alat musik, atau lebih buruk lagi akan menyebabkan instrumen mengalami korsleting.

Karena itulah kamu harus sangat berhati-hati setiap kali berada di dekat keyboard. Hindari minum atau makan sambil bermain piano dan pastikan kamu selalu mencuci tangan dan menyekanya sampai kering sebelum bermain (terutama ketika kamu baru saja menyelesaikan beberapa pekerjaan rumah tangga atau makan).

Lakukan tindakan perlindungan

cara merawat piano keyboard
sumber : bangood.com

Piano digital sama rapuhnya saat tidak digunakan dengan baik. Selain berhati-hati saat berada di sekitar instrumen, kamu harus mengambil langkah-langkah perlindungan untuk memastikan alat ini agar tidak mengalami kerusakan saat tidak digunakan. Ini termasuk menutup tombol-tombol keyboard, mencegah hewan peliharaan naik ke instrumen, dan mematikannya dengan benar setiap kali selesai digunakan. Langkah perlindungan penting lainnya adalah memastikan bahwa hanya teknisi yang berkualifikasi baik yang boleh memperbaiki masalah instrumen kamu.

Kebanyakan piano dan keyboard digital dirancang untuk menjadi instrumen tahan lama yang membutuhkan sedikit perawatan agar tetap dalam kondisi yang baik. Namun, bahkan instrumen paling bagus sekalipun akan cepat rusak bila penggunaannya tidak benar. Jika kamu ingin meningkatkan daya tahan instrumen, pastikan untuk menerapkan tips-tips perawatan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *