Loading

wait a moment

Cara Hitung Berat Badan Ideal dengan Mudah di Super You

cara hitung berat badan ideal

Teman Ardini – Cara hitung berat badan ideal penting sekali kamu ketahui. Hal ini dikarenakan masalah kesehatan sangat berkaitan dengan berat badan ideal kamu. Dengan mengetahui berat badan ideal kamu akan bisa menentukan bagaimana mengelola gaya hidup sehat nantinya. Namun hal ini memang bukan menjadi indikator mutlak untuk mengetahui apakah seseorang sehat atau tidak. Dengan ini tetap menjadi hal yang sangat penting. Berikut ini beberapa cara mudah yang bisa kamu coba untuk mengetahui berat badan ideal kamu.

cara hitung berat badan ideal

Ketahui Berat Badan Ideal dari Body Mass Index

Saat ini Body Mass Index atau yang sering dikenal dengan BMI merupakan salah satu cara penghitungan berat badan yang banyak ditemukan. Cara perhitungan satu ini sangat unik, yaitu dengan menggunakan rumus berat badan ideal yang disesuaikan dengan tinggi badan.

Mudahnya, rumus perhitungan menggunakan metode satu ini dihitung dari berat badan dibagi tinggi badan dikuadratkan. Hasilnya berupa berat badan dalam kilogram serta tinggi badan dalam meter. Jika bingung, kamu bisa melakukan perhitungan berat badan yang ideal menggunakan kalkulator BMI online yang disediakan oleh Super You.

Lakukan Perhitungan Berat Badan Ideal dengan Kalkulator BMI Online

Melakukan perhitungan dengan menggunakan aplikasi BMI online membuat kamu bisa mendapatkan hasil BMI dengan mudah. Aplikasi perhitungan online akan menentukan apakah kamu dalam kategori yang ideal atau bukan. Dengan ini jelas sangat memudahkan Anda semua.

Angka dalam BMI online memiliki beberapa kategori. Jika hasil perhitungan kamu kurang dari 18.1 maka kamu dalam kategori underweight. ┬áKemudian jika angkanya 18.1 – 23.1 dalam kondisi normal. Jika angkanya 23.1 sampai 28.1 maka dalam kategori overweight dan lebih dari 28.1 dalam kondisi obesitas.

Sayangnya, BMI Memiliki Kelemahan

Cara ini memang sangat mudah sekali, sayangnya masih memiliki banyak kekurangan. Perhitungan menggunakan BMi dikenal sangat mudah dan sederhana. Beberapa faktor lain kurang diperhatikan. Misalnya jenis kelamin, perbandingan massa otot serta lemak hingga lingkar pinggang. Padahal beberapa indikator tersebut memiliki pengaruh dalam menentukan kesehatan seseorang.

Misalnya seorang atlet, jelas angka BMInya lebih tinggi mengingat masa ototnya lebih berat jika dibandingkan dengan orang kebanyakan. Nah hal ini belum menunjukkan hasil nyata jika atlet tersebut mengalami obesitas.

Coba Lakukan Perhitungan Menggunakan Waist-to-Hip Ratio

Perlu diketahui bagian pinggang merupakan bagian dimana banyak lemak-lemak jahat. Keberadaan lemak inilah yang nantinya menimbulkan banyak permasalahan. Meskipun seseorang memiliki tinggi badan ideal, keberadaan lemak jelas mengganggu. Bahkan banyak hasil penelitian yang menyebutkan jika bagian pinggang ini menjadi salah satu faktor yang menyebabkan penyakit kardiovaskular.

Itulah beberapa cara hitung berat badan menggunakan kalkulator berat badan ideal dengan mudah. Jika masih mengalami kebingungan, Anda bisa mencari informasi lebih lengkapnya di Super You. Untuk informasi lebih lengkapnya langsung saja cek https://superyou.co.id/blog/kesehatan/cara-menghitung-berat-badan-ideal/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *