Loading

wait a moment

Bagaimana Cara Registrasi Kartu Perdana XL yang Benar?

kartu perdana xl

Teman Ardini – Ponsel memang tak bisa lagi dipisahkan dari kehidupan manusia saat ini, termasuk di Indonesia. Namun, ponsel tidak bisa berdiri sendiri. Harus ada kartu provider yang mendukung aktivitas penggunaannya. Di Indonesia sendiri, salah satu providernya adalah XL. Bagaimana cara registrasi kartu perdana XL agar bisa digunakan mendukung ponsel?

kartu perdana xl

1. Lewat SMS

Salah satu cara registrasi yang bisa Anda lakukan untuk kartu XL ini adalah dengan menggunakan SMS. Cara ini adalah yang paling mudah digunakan serta yang paling cepat pula. Untuk menggunakan cara ini, Anda memerlukan nomor KTP atau NIK serta nomor kartu keluarga Anda untuk resgitrasinya.

Format SMS yang bisa Anda ketikkan adalah DAFTAR#IK#NomorKK. Jika sudah, Anda tinggal mengirimkannya ke nomor 4444. Sebelum kirim ke nomor tersebut, pastikan data yang Anda ketikkan sudah benar agar kartu benar-benar bisa aktif. Tunggu pesan balasan masuk. Bila sudah ada, maka registrasi yang Anda lakukan dinyatakan berhasil.

Cara SMS ini juga berguna untuk Anda yang ingin meregistrasi ulang kartu XL Anda yang lama. Caranya juga sama saja. Hal yang membedakan adalah format yang harus Anda ketikkan saja. Bila untuk kartu perdana Anda harus mengetikkan DAFTAR#NIK#NomorKK, maka untuk pendaftaran ulang ada tambahan kata ULANG di depannya.

Format pastinya adalah ULANG#NIK#NomorKK. Setelah itu, kirim kembali SMS tersebut ke nomor 4444. Ingat, pastikan Anda memastikan identitas yang sudah dimasukkan dengan benar aar registrasi berhasil. Jika sudah, tinggal tunggu balasan SMS ke ponsel Anda. Jika balasan sudah sampai, itu artinya kartu XL Anda sudah teregistrasi dengan benar.

2. Secara Daring

Selain melalui SMS, Anda juga bisa meregistrasi kartu perdana XL via laptop atau komputer Anda secara daring. Untuk langkah melakukan resgitrasi kartu XL dengan cara ini, pertama Anda harus mengunjungi situs resmi XL terlebih dulu. Kunjungi https://www.xl.id/registrasi. Jika sudah, masukkan nomor ponsel yang aktif milik Anda.

Setelah itu, nantinya sistem akan mengirimkan kode verifikasi pada ponsel Anda melalui SMS. Masukkan kode verifikasi tersebut ke halaman layanan pendaftaran dan tekan Verifikasi. Langkah selanjutnya, masukkan NIK atau nomor KTP serta ketikkan nomor KK Anda di kolom yang sudah tersedia. Lanjutkan dengan mengetik Submit setelahnya.

Jika langkah tersebut sudah Anda lakukan, maka kartu perdana dari provider XL yang Anda miliki sudah aktif. Tenang saja, cara ini sama hasilnya dengan menggunakan SMS. Data yang Anda masukkan ke dalam laman ini akan terintegrasi langsung dengan database Dukcapil. Itu artinya, sistem akan secara otomatis mengidentifikasi pemilik nomor KTP tersebut.

3. Registrasi Kartu yang Sudah Terblokir

Selain registrasi kartu perdana, bisa juga melakukan resgitrasi kartu ulang yang sudah dimiliki. Salah satu masalah yang sering dihadapi kartu lama adalah terblokir atau mati. Nah, bagi Anda yang ingin mengaktifkannya lagi, caranya mudah saja. Pertama, masuklah ke menu dial dan ketikkan *123*4444#.

Setelah itu, jangan lupa menekan tombol Yes atau Oke. Di layar ponsel Anda, akan muncul tampilan top up yang berisikan informasi mengenai kartu nomor XL Anda apakah sudah teregistrasi dengan Dukcapil atau tidak dan bisa aktif lagi atau tidak. Setelah itu, tinggal pergi ke outlet atau gerai XL terdekat.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan registrasi kartu perdana XL ataupun registrasi ulang kartu XL Anda. Tak terlalu susah meskipun Anda harus memastikan bahwa data yang dimasukkan benar. Mau dapat nomor XL cantik? Beli saja di Jakmall! Anda bisa mendapatkan pilihan kartu perdana dari XL dengan harga terjangkau!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *