Loading

wait a moment

Bagaimana Cara Kerja Ranitidine untuk Penderita Maag

Cara Kerja Ranitidine

Teman Ardini – Ranitidine merupakan obat yang digunakan untuk mengobati dan mencegah luka pada lambung dan usus. Obat ini juga dapat digunakan apabila lambung memproduksi asam berlebihan seperti pada sindrom Zollinger-Ellison. Ranitidine dapat mengatasi GERD yakni kondisi dimana asam dari lambung naik ke esofagus.

Cara Kerja Ranitidine

Cara kerja Ranitidine

Obat ini bekerja dengan menghambat produksi histamin 2 (H2) atau dengan cara menghalangi reseptor H2 sehingga mengurangi produksi jumlah asam dalam lambung. Reseptor H2 ditemukan pada sel-sel di lapisan perut. Bahan kimia tubuh alami yang disebut histamin biasanya bekerja pada reseptor ini, menyebabkan mereka memproduksi asam lambung untuk membantu mencerna makanan.

Ranitidine membantu meringankan gejala gangguan pencernaan yang disebabkan oleh asam lambung berlebih. Ini juga mengurangi aliran balik asam ke dalam ke dalam pipa saluran makanan yang dapat menyebabkan gejala mulas dan kerusakan pada pipa saluran makanan (esofagitis).

Dengan mengurangi jumlah asam di lambung dan duodenum, ranitidine memungkinkan tukak lambung sembuh. Ini juga dapat membantu menghentikan perkembangan bisul jika Anda mengkonsumsi obat antiinflamasi non-steroid seperti diklofenak.

Efek samping dari cara kerja ranitidine hampir sama seperti kebanyakan jenis obat, obat ini juga dapat memiliki beberapa efek samping saat digunakan. Anda mungkin mengalami efek samping yang ditandai dengan sakit kepala biasa hingga berat, pusing, insomnia, penurunan gairah seks, pembengkakan dada pada lelaki, mual dan muntah, nyeri perut, diare, dan konstipasi saat menggunakan obat ini.

Meski begitu, perlu diingat bahwa tidak semua orang mengalami efek samping di atas. Mungkin Anda akan mengalami salah satu, beberapa, atau efek samping lain yang tidak disebutkan. Jika Anda merasakan hal yang tidak wajar setelah menggunakan atau mengkonsumsi obat ini, segeralah berkonsultasi pada dokter atau apoteker mengenai panduan dalam penggunaan obat ini.

Pemakaian obat

Anda yang menggunakan obat ini perlu memperhatikan beberapa hal agar cara kerja ranitidine lebih maksimal, salah satunya adalah untuk mengikuti semua aturan sesuai dengan anjuran dokter atau pakai sesuai yang tertera pada label. Untuk obat yang berbentuk tablet, jangan dikunyah atau dirusak, rendamlah pada satu sendok air sebelum mengembang. Simpan ranitidine dalam suhu kamar, hindari lembab, panas dan cahaya. Untuk pembelian ranitidine, Anda bisa memesannya secara online di HonestDocs, apotek online terpercaya dengan harga yang terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *