Loading

wait a moment

7 Tips Cerdas Pilih Jaket Waterproof Kualitas Terbaik

jaket waterproof

Teman Ardini –¬†Kualitas merupakan pertimbangan utama dalam pembelian suatu produk, termasuk jaket waterproof yang sangat dibutuhkan untuk aktivitas outdoor. Agar mendapatkan produk tepat dengan kualitas unggul, Anda dapat melakukan berbagai tips cerdas berikut. Hal ini sangat perlu demi kesesuaian antara produk yang dibeli dengan fungsi dan daya tahan produk.

jaket waterproof

1. Mengenali 3 Kompartemen Jaket Anti Air

Memilih suatu produk harus menggunakan berbagai pertimbangan agar sesuai dengan kebutuhan dan pasti kualitasnya. Sama halnya ketika Anda sedang memilih jaket anti air sebagai perlindungan tubuh dari air hujan ataupun cuaca dingin. Anda harus mempertimbangkan kualitas jaket tersebut.

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah mengenali tiga kompartemen pada jaket anti air. Apa sajakah itu? Anda bisa mengenali bagian lapisan tahan air di bagian luar jaket, membran anti air pada bahan jaket, serta segel anti air pelindung jahitan. Ketiga kompartemen ini harus ada pada produk jaket anti air.

Ketiga kompartemen tersebut harus ada dalam jaket anti air agar benar-benar melindungi tubuh dari air. Dengan adanya 3 bagian tersebut, jaket anti air benar-benar terbuat dari bahan waterproof secara keseluruhan. Pilihlah bahan yang juga lembut di kulit, sehingga tetap selalu nyaman ketika dikenakan dalam berbagai kondisi.

2. Mengetahui Standardisasi Kekuatan Bahan Anti Air

Standardisasi bahan anti air juga harus Anda ketahui karena diperlukan dalam pemilihan jaket waterproof agar sesuai dengan kebutuhan. Standardisasi ini dibuat dalam bentuk kategori dalam produk anti air.

Kategori tersebut ada empat tingkatan, yaitu snowproof, waterproof, very waterproof, dan highly waterproof. Keempat tingkatan ini ditentukan berdasarkan rating. Rating dalam kategori tersebut dimulai dari water resistant atau snowproof yaitu produk jaket yang hanya tahan air, jadi tidak full waterproof pada lapisan dalamnya.

Snowproof ini mempunyai rating 0-1500mm bahan waterproof. Rating kedua adalah waterproof yaitu sejumlah 1500-5000mm bahan waterproof. Rating ketiga adalah very waterproof dengan 5000-10.000mm bahan waterproof. Terakhir adalah highly waterproof dengan 10.000-20.000mm bahan waterproof.

Ketentuan rating di keempat tingkatan ini dapat digunakan sebagai panduan dalam mengenali jaket anti air. Setelah mengetahui jenis rating pada suatu produk, pahamilah kemampuan dari setiap bahan.

Snowproof cocok melindungi dari air hujan gerimis. Kategori waterproof mampu melindungi dari intensitas hujan gerimis sampai agak deras. Very waterproof menangkal air hujan biasa sampai deras. Highly waterproof menangkal hujan sangat deras sampai hujan badai. Pemahaman kekuatan bahan ini memudahkan menentukan produk agar sesuai kebutuhan.

3. Mempertimbangkan Sistem Breathable

Tersedia dua jenis bahan jaket anti air yaitu bahan breathable dan non breathable. Sebagai saran, sebaiknya Anda memilih jaket yang mempunyai bahan yang breathable. Sistem breathable ini sangat baik dalam menunjang sirkulasi udara. Jaket dengan sistem breathable tetap nyaman digunakan karena tidak panas. Hal ini akibat lancarnya sistem sirkulasi udara.

4. Menyesuaikan Jaket dengan Kebutuhan

Kesesuaian jaket waterproof dengan kebutuhan juga harus diwujudkan. Cara menyesuaikannya adalah dengan mengetahui jenis bahan yang digunakan. Setelah sebelumnya dibahas mengenai rating dalam kategori bahan waterproof, Anda bisa melihat kembali ketahanan bahan anti air. Dengan demikian, Anda bisa pilih jaket yang sesuai.

Hal ini juga diperlukan dalam menentukan lapisan waterproof dari segi jumlah lapisan, apakah akan 1 layer, 2 layer, atau 3 layer. Tersedia pula jenis jaket 3 in 1 yang mempunyai lapisan luar tahan air, lapisan kedua yang anti air, serta lapisan terdalam yang halus dan terasa lembut ketika bersentuhan langsung dengan kulit.

5. Mempertimbangkan Desain Jaket

Desain juga perlu dipertimbangkan ketika memilih jaket anti air. Hal ini berkaitan dengan nilai penampilan. Sebagian besar orang pasti sudah mempertimbangkan kesesuaian desain dengan tren fashion terkini ataupun dengan seleranya. Hal ini sangat baik untuk menunjang kenyamanan ketika mengenakan jaket. Rasa percaya diri tentunya juga meningkat.

6. Memperhatikan Fitur Pendukung

Fitur pendukung jaket anti air saat ini juga sudah variatif. Anda diharapkan memperhatikan fitur pendukungnya tersebut demi mengoptimalkan fungsi jaket. Berbagai fitur pendukung tersebut adalah hood atau penutup kepala, pelindung leher dan dagu, pengatur kekencangan bagian pergelangan tangan serta pinggang, resleting anti air, serta adanya kancing yang kuat.

Kantong jaket juga perlu ada untuk mengoptimalkan fungsi jaket sebagai pelindung diri sekaligus bisa menyimpan barang-barang pribadi yang berukuran kecil. Anda akan lebih mudah dalam membawanya semua barang kecil tersebut.

7. Memilih Jaket yang Sesuai Ukuran Tubuh

Kesesuaian jaket dengan ukuran tubuh juga harus dilakukan. Bagaimana tidak, kenyamanan dalam pemakaian jaket ditentukan oleh ukuran jaket apakah sesuai atau tidak dengan ukuran tubuh. Jangan sampai jaket yang Anda kenakan kedodoran atau kekecilan. Pastikan menyesuaikan ukuran dengan cara mencobanya sebelum membeli.

Pastikan semua bagian jaket terasa longgar di badan. Cobalah untuk menaikkan tangan dan pastikan bahwa lengan Anda tetap terlindungi oleh jaket. Selain itu, panjang jaket sebaiknya sampai di bawah pinggang agar  lebih hangat dan nyaman dipakai. Perlindungan tubuh akan semakin optimal.

Beragam tips cerdas tersebut adalah solusi kemudahan Anda dalam menentukan jaket waterproof kualitas terbaik. Dengan mengikuti beragam tipsnya, Anda akan menemukan jaket anti air yang tahan lama, tidak mudah rusak, dan sesuai ekspektasi. Sebagai saran, Anda bisa beli jaket anti air dari Eiger karena berkualitas dan tersedia dalam beragam varian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *