Loading

wait a moment

4 Hal Menjadi Penyebab Klaim Asuransi Perjalanan Ditolak

Teman Ardini – Asuransi perjalanan adalah salah satu hal yang penting untuk dimiliki tatkala Anda melakukan perjalanan baik itu di dalam maupun di luar negeri. Fungsinya, untuk meng-cover berbagai masalah yang bisa saja Anda alami. Namun, ada penyebab klaim asuransi perjalanan ditolak sehingga Anda tak bisa memperoleh perlindungan yang ditawarkan.

Penolakan klaim dari pihak asuransi ini bisa saja terjadi bilamana Anda tidak memenuhi peraturan yang diberlakukan pihak asuransi. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan ini terjadi. Apa saja?

  1. Tujuan Perjalanan yang Berbeda

Saat Anda membeli sebuah asuransi perjalanan terpercaya, Anda akan ditanyai ke mana tujuan Anda. Mungkin, saat Anda membeli Anda mengatakan akan pergi ke Thailand dan Anda membeli asuransi untuk negara ini. Namun, pada saat hendak berangkat, Anda malah mengalihkan tujuan bepergian ke negara lain, seperti Jepang dan lainnya.

Jika kasus seperti ini berlaku dan hal-hal yang tak diinginkan terjadi selama perjalanan Anda, maka saat Anda mengajukan klaim asuransi perjalanan akan ditolak. Jadi, sebelum Anda membeli asuransi perjalanan, ada baiknya pastikan dulu ke mana Anda akan pergi. Bila memang tujuan Anda berpindah, Anda bisa menggunakan perluasan perlindungan.

Laporkan terlebih dulu perubahan tujuan Anda pada pihak asuransi dan mereka akan melakukan perluasan wilayah geografi perjalanan. Bila daerah tersebut termasuk berada di wilayah embargo yang berbeda, Anda bisa dimintai tambahan premi.

  1. Dokumen Tidak Lengkap

Penyebab klaim asuransi perjalanan Anda ditolak berikutnya adalah dokumen yang tidak lengkap. Bila hal ini terjadi, otomatis pihak asuransi tidak akan memproses klaim Anda. Dokumen yang dimaksudkan itu adalah paspor, tiket pesawat, dan beberapa identitas lainnya yang mendukung asuransi tersebut.

Bila Anda mengalami pencurian dokumen selama liburan, Anda wajib membuat surat keterangan kehilangan. Caranya, cukup datangi kantor otoritas  lokal setempat, petugas bandara atau pihak kepolisian. Setelah itu, beritahu juga pihak asuransi agar pihak asuransi yang menanggung semua kehilangan dokumen tersebut.

  1. Rekam Jejak Medis

Hal lain yang jadi penyebab klaim asuransi perjalanan ditolak adalah rekam jejak medis yang telah dimiliki sebelumnya. Bila saat sebelum bepergian Anda sudah memiliki penyakit tertentu semisal jantung, klaim asuransi Anda juga akan ditolak. Namun, bila kondisi ini memang pertama kalinya terjadi selama masa Anda liburan, klaim asuransi akan diproses.

Untuk mengantisipasi hal ini terjadi, sebaiknya Anda memberitahukan kondisi kesehatan Anda pada pihak penyedia layanan asuransi. Dengan begitu, mereka akan bisa mengetahui mana penyakit medis yang baru Anda derita dan mana yang telah menahun.

  1. Tidak Paham Kebijakan Penyedia Jasa Asuransi

Hal lain yang menyebabkan klaim asuransi perjalanan Anda ditolak adalah kurang memahami kebijakan yang berlaku pada pihak penyedia jasa asuransi. Untuk itulah, sebelum membeli asuransi perjalanan, Anda harus mengetahui seluk beluk asuransi tersebut. Biasanya, segala hal yang ditanggung asuransi dijelaskan di Term & Condition.

Bila Anda melakukan klaim pada hal-hal yang tidak ada dalam perjanjian tersebut, jelas saja klaim Anda akan ditolak. Misalnya saja, ada beberapa asuransi perjalanan yang tidak meng-cover kecelakaan akibat kecerobohan Anda saat liburan seperti terjatuh saat bermain olahraga ekstrem dan lainnya.

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan apa yang saja penyebab klaim asuransi perjalanan ditolak? Untuk itu, pastikan Anda memiliki semua kriteria yang diminta pihak asuransi perjalanan. Pastikan juga Anda memahami semua peraturan yang ada pada pihak penyedia jasa asuransi tersebut agar tak gigit jari saat melakukan klaim dan ternyata ditolak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *