Loading

wait a moment

Tips Menghadapi Pre-Baby Blues di Trimester Ketiga Kehamilan

Teman Ardini – Masa kehamilan bisa dikatakan sebagai masa-masa paling berkesan dalam kehidupan seorang wanita. Banyak hal yang terjadi dalam masa kehamilan hingga kelahiran. Tentu saja hormon juga naik turun yang berpengaruh pada perasaan wanita hamil, bisa baik bisa buruk dan terkadang tidak menentu.

Baby blues merupakan salah satu gejala yang mungkin akan dirasakan oleh para ibu baru. Baby blues memang biasanya dirasakan oleh mereka yang baru pertama kali memiliki anak. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa ibu kembali mengalami baby blues pada kelahiran anak kedua. Baby blues terjadi karena banyak faktor dan sebenarnya bisa diatasi dengan cara yang tepat.

Baby blues ternyata tidak hanya bisa terjadi setelah melahirkan. Wanita hamil juga bisa mengalami pre-baby blues ketika usia kehamilan menginjak trimester ketiga. Hal ini dapat menyebabkan ibu hamil menderita tekanan atau stres yang berlebih dan kesulitan untuk menikmati masa-masa terakhir kehamilannya dengan kebahagiaan. Lalu apa yang harus dilakukan?

Tips Menghadapi Pre-Baby Blues

Pre-baby blues bisa berpengaruh pada kesehatan ibu hamil. Selain itu, hal ini juga bisa berpengaruh pada perkembangan janin 8 bulan di dalam perut. Oleh karena itu, pre-baby blues perlu diatasi dengan cara yang tepat. Inilah dia beberapa tips menghadapi pre-baby blues di usia kehamilan 8 bulan :

1. Istirahat dari Pekerjaan

Pre-baby blues biasanya dialami oleh ibu-ibu pekerja yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya bahkan ketika usia kehamilan sudah memasuki trimester ketiga. Akan jauh lebih baik jika ibu hamil mulai meninggalkan kesibukannya atau pekerjaannya apapun itu dan berkonsentrasi untuk mempersiapkan diri menghadapi proses persalinan.

2. Lakukan Hobi

Untuk mengatasi pre-baby blues, ibu hamil bisa mencoba untuk memilih hobi yang memungkinkan untuk dilakukan di saat usia kehamilan memasuki trimester ketiga. Misalkan, hobi membaca atau hobi merajut. Dengan menekuni sebuah hobi maka pikiran ibu hamil tidak akan tertuju pada hal-hal yang mungkin membuat ia merasa tertekan.

3. Dengarkan Musik Favorit

Musik dinilai sebagai cara terjitu untuk mengatasi perasaan yang tidak menyenangkan. Musik juga bisa membantu mengatasi masalah pre-baby blues yang diderita oleh ibu hamil. Cobalah pilih musik favorit ibu hamil dan pilih jenis musik yang ritmenya membuat pikiran menjadi tenang. Hindari musik-musik yang terlalu keras karena justru akan membuat pikiran semakin tegang.

4. Dukungan Pasangan

Penting sekali untuk diketahui bahwa sebenarnya ibu hamil sangat membutuhkan dukungan dari orang-orang di sekitarnya, terutama dari sang suami. Peran suami sangat penting dalam mengatasi pre-baby blues yang dialami oleh ibu hamil. Suami diharapkan bisa memberikan perhatian dan motivasi agar sang istri bisa siap menghadapi persalinan nanti.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita hamil yang mengalami pre-baby blues sebagian besar merupakan wanita yang ditinggalkan oleh ayah dari bayi yang ia kandung. Tanpa kehadiran suami yang memberikan kasih sayang, pre-baby blues sangat rentan terjadi.

5. Menikmati Udara Luar

Jangan hanya mengurung ibu hamil di dalam rumah atau di kamar. Sesekali ajak ibu hamil keluar rumah untuk menikmati udara segar di luar rumah. Ini penting dilakukan untuk membantu menurunkan stres dan menghindarkan ibu hamil dari pre-baby blues.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi pre-baby blues pada ibu hamil trimester ketiga. Dengan melakukan tips-tips ini diharapkan ibu hamil terbebas dari pre-baby blues dan bisa siap menghadapi persalinan nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *