Loading

wait a moment

Tahukah Bunda, Inilah Jadwal Tidur Si Kecil Hingga Umur Setahun

Teman Ardini –¬†Sebagai orang tua yang baik, kita seharusnya selalu tahu apapun yang berkaitan dengan buah hati. Baik persiapan ketika sebelum ia lahir maupun setelah si kecil lahir. Salah satu hal yang penting bagi setiap orang tua adalah mengetahui bagaimana menjaga dan merawat si kecil dengan benar termasuk dengan mengetahui seberapa sering dan bagaimana sih jadwal tidurnya yang ideal. Nah, kali ini kami akan membahas mengenai Jadwal tidur si kecil hingga umur satu tahun.

Kebutuhan tidur setiap bayi, anak dan orang dewasa tentu berbeda. Dan bunda harus tau kapan waktu yang tepat untuk tidur dan berapa lama. Untuk bayi yang berusia 1 tahun tentu berarti ia sudah bisa berjalan dan sudah mulai banyak aktivitas dan gerakan. Terkadang, untuk usia satu tahun ini anak cenderung lebih senang melakukan aktivitas dan sedang aktif-aktifnya. Namun meskipun demikian bunda juga harus mengerti bagaimana membatasi dan memberikan waktu tidur yang pas untuk si kecil. Lalu bagaimana sih jadwal yang tepat untuk si kecil berumur 1 tahun?

Hasil gambar untuk jadwal tidur si kecil

Bayi Usia 5 – 12 Bulan

Untuk bayi yang berusia 5 hingga 12 bulan ( 1 tahun ), idealnya bayi tidur selama 14 hingga 15 jam. Biasanya bayi dengan usia 11 bulan bayi sudah mulai tidur dengan waktu 12 jam. Memberi kebiasaan waktu tidur bayi yang baik adalah hal yang utama bagi bayi pada usia ini. Kenapa? Karena kini si kecil mulai aktif sedangkan pola tidurnya bisa mengikuti orang dewasa. Padahal sebenarnya waktu tidur anak saat itu belum bisa disamakan dengan orang dewasa. Nah, inilah tugas bunda untuk bisa mengatur waktu tidur si kecil agar ia bisa mendapatkan waktu tidur yang ideal.

Bunda harus membiasakan anak untuk bisa tidur dengan jadwal wakti yang ideal. Sebab anak akan berusaha mengurangi intensitas waktu tidurnya. Jadi bunda bisa melakukan kebiasaan baik sebelum tidur seperti membersihkan diri, berganti pakaian atau bercerita bersama sebelum tidur. Berbicara mengenai baju ganti ketika tidur, bunda bisa pilih berbagai pilihan baju tidur bayi mothercare yang lucu tentunya. Kebiasaan-kebiasaan ini akan membuat si kecil mudah diatur dalam hal kebiasaan tidur dan seakan tidak memaksa si kecil karena biasanya jika diawali dengan paksaan anak justru tidak nyaman.

Hasil gambar untuk cute baby sleep

Usahakan bunda tidak hanya membiasakan jadwal tidur yang konsisten di malam hari. Namun juga di siang hari meskipun si kecil sudah mulai aktif dan banyak gerak. Tidur siang secara efektif dapat membantu si kecil dalam mengembalikan tenaganya sehingga anak tidak mudah lelah karena aktifitas dan kegiatannya di siang hari. Dengan kebiasaan yang bunda terapkan saat ini, akan sangat membantu dalam Konsistensi mengenai jadwal tidur si kecil besar nantinya.

Biasakan juga anak tertidur dengan sendirinya. Untuk itu, hindari memberinya susu atau menggendongnya sebelum tidur. Ketika ia sudah mulai mengantuk, biarkan ia tertidur dengan sendirinya. Hal ini akan menyesuaikan kebutuhan tidur alami dari tubuhnya. Kebutuhan tidur si kecil di usia 1 tahun memang membuat bunda sedikit repot namun tetap harus bunda lakukan untuk konsistennya waktu tidur si kecil. Berikan tidur nyaman untuk si kecil dengan berikan baju tidur untuknya yang bisa bunda dapatkan di toko perlengkapan bayi seperti Mothercare.co.id . terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *