Loading

wait a moment

Peran Ibu Sebagai Pengatur Rumah Tangga

Teman Ardini – Berbicara mengenai peran ibu dalam keluarga pasti tidak terlepas dari urusan rumah tangga, mulai dari membersihkan rumah, menyiapkan pakaian sekolah untuk anak sampai dengan mengatur pengeluran bulanan. Untuk urusan yang satu ini memang sudah menjadi kodrat seorang ibu untuk dapat mengatur urusan rumah tangga nya dengan baik. Terlepas dia seorang wanita karier ataupun memang murni dia seorang ibu rumah tangga.

Menjadi pengelola rumah tangga yang baik tentu bukan pekerjaan yang mudah, seorang ibu dituntut harus memiliki kepekaan terhadap segala sesuatu yang terjadi mengenai urusan rumah tangga apakah itu terkait dengan kebersihan, kesehatan maupun masalah ekonomi sekalipun. Karena seringkali masalah mengenai hal tersebut terjadi secara mendadak dan tiba-tiba sehingga dibutuhkan kesiapan bagi seorang ibu untuk mengatasi permasalahan rumah tangga yang sering terjadi kapanpun dan bagaimanapun caranya.

Gambar terkait

Dalam mengatur urusan rumah tangga selain dibutuhkan kepekaan, seorang ibu juga harus teliti dalam menerapkan kebijakan rumah tangga karena hal tersebut menyangkut tentang kebiasaan dan perilaku bagi anggota keluarga lainnya. Tidak melulu soal hal yang rumit mengenai keuangan bulanan, tapi juga menyangkut hal sederhana semisal membuat peraturan mengenai tata letak barang rumah tangga yang sudah selesai digunakan seperti sapu, setrika, alat makan sampai baju kotor sekalipun untuk diletakkan di tempatnya kembali agar kerapihan rumah selalu terjaga dan membentuk kebiasaan yang baik bagi anggota keluarga lainnya. Tak hanya itu, ibu juga harus menuntun semua anggota keluarga agar bisa sejalan dalam satu tujuan. Menjadi seorang penengah dan penghubung yang baik dalam hubungan antar keluarga.

Selain berurusan dengan anggota keluarga di dalam rumah, sebagai pengelola rumah tangga, peran ibu juga akan berkaitan dengan pihak-pihak eksternal seperti petugas kebersihan komplek, pedagang sayur, tetangga maupun pejabat sekitar rumah seperti RT maupun RW. Menjadi tugas seorang ibu untuk memastikan urusan rumah tangga yang berkaitan dengan pihak eksternal tersebut dapat berjalan lancar. Semisal membayar iuran rutin keamanan dan kebersihan kepada pengelola kawasan rumah, menemukan tempat membeli bahan makanan mentah yang bersih dan berkualitas, berbagi ilmu dan pengalaman rumah tangga dengan ibu-ibu lainnya ataupun mengurus syarat dan dokumen administrasi kepada pejabat lokal setempat.

Mengurus segala persoalan mengenai rumah tangga memang menjadi tantangan tersendiri bagi seorang ibu, karena hal tersebut berkaitan dengan segala lini kehidupan dalam berkeluarga mulai dari hal yang rumit sampai dengan sepele sekalipun. Urusan rumah tangga antar satu ibu dengan ibu lainnya pun tidak dapat disamakan karena kondisi keluarga yang berbeda-beda. Jika dibayangkan, mengurus segala urusan rumah tangga terlihat seperti pekerjaan yang berat, tetapi seorang ibu lambat laun pasti akan menemukan pola yang tepat dalam mengelola urusan rumah tangga nya karena hal ini sudah tertanam di dalam benak setiap perempuan. Kerjasama dan dukungan antar anggota keluarga juga akan membantu peran ibu sebagai pengelola rumah tangga agar tercipta lingkungan keluarga yang harmonis dan bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *