Loading

wait a moment

Konsultasikan Kelainan Ortopedi Anak pada dr Lee Woo Guan

Teman Ardini – Nama dr. Lee Woo Guan bisa Anda andalkan untuk mengatasi berbagai masalah ortopedi yang sering dialami banyak orang. Sayangnya, selama ini masih banyak orang yang beranggapan bahwa masalah ortopedi hanya dialami oleh orang dewasa atau lanjut usia. Padahal anak kecil juga memiliki risiko mengalami kelainan ortopedi seperti berikut ini.

1. Dislokasi Pinggul Bawaan

Kelainan ortopedi pertama yang paling sering menimpa anak adalah dislokasi pinggul bawaan. Bagi mereka yang belum tahu, kondisi dislokasi pinggul bawaan ini membuat persendian pinggul pada anak akan mengalami kelainan. Biasanya kelainan ini sendiri paling sering menimpa balita atau bayi yang tergolong masih baru lahir.

Masih banyak perdebatan tentang faktor yang menyebabkan seseorang mengalami kelainan seperti ini. Namun dari sekian banyak faktor, maka faktor keturnan adalah penyebab terbesarnya. Biasanya kelainan ini akan lebih mengganggu seseorang yang terkena ketika mereka sudah menginjak usia 30 – 40 tahun. Melakukan konsultasi ke dr. Lee Woo Guan adalah solusinya.

2. Torsio Fermoral

Kelainan torsio fermoral mungkin masih asing di telinga banyak orang. Namun mungkin belum banyak orang yang tahu saja bahwa banyak anak kecil yang mengalami kondisi ini tanpa banyak orang tua sadari. Kondisi torsio fermoral ini akan membuat lutut menghadap ke depan hingga bahkan akan menghadap ke samping. Tentunya kondisi ini akan membuat si kecil kesulitan.

Namun apabila anak Anda mengalami kondisi ini, maka jangan langsung panik terlebih dulu. Soalnya kebanyakan kasus, kelainan torsio fermoral yang diderita oleh seorang anak akan sembuh dengan sendirinya dan hilang ketika sudah dewasa. Namun apabila Anda merasa tidak mengalami perubahan, maka melakukan konsultasi ke dokter ortopedi adalah jalan keluarnya.

3. Dislokasi Lutut

Berikutnya adalah kondisi dislokasi lutut yang membuat bagian tungkai bawah akan melipat ke depan. Biasanya kelainan ini sudah terjadi sejak bayi lahir dan bukan disebabkan karena kecelakaan maupun benturan. Bisa dibilang, seorang anak mengalami kelainan kemungkinannya sangatlah kecil. Meski begitu harus tetap segera diatasi untuk mencegah kondisi jadi memburuk.

4. Kelainan Talipes

Terakhir adalah anak kecil yang mengalami kelainan talipes atau juga sering disebut dengan nama clubfoot. Bagi yang belum tahu, kelainan ini membuat kaki seorang anak akan terlihat seperti terpuntir. Kondisi ini pastinya akan membuatnya kesulitan untuk berjalan dan pada momen tertentu akan menyebabkan rasa sakit.

Untuk cara mengobatinya sendiri tergantung seberapa parah kelainan talipes tersebut. Apabila tergolong masih ringan maka bisa dengan pemasangan gips hingga melakukan terapi. Namun apabila cukup parah maka proses pembedahan yang mesti dilakukan.

Dengan masalah ortopedi pada anak yang sudah dijelaskan di atas tentunya tidak lagi membuat masalah ortopedi menjadi khusus milik orang dewasa. Apabila anak Anda ternyata mengalami salah satu kondisi tersebut maka melakukan konsultasi pada dokter ortopedi adalah solusi yang paling disarankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *