Loading

wait a moment

Ini Dia Manfaat Berqurban yang Membuat Hati Menjadi Tenang

Teman Ardini РAda banyak manfaat berqurban yang bisa dinikmati oleh para umat muslim. Berqurban merupakan salah satu perintah Allah bagi mereka yang memiliki kemampuan dan niat untuk berqurban sesuai syariat. Itulah mengapa setiap tahunnya umat muslim selalu berusaha semaksimal mungkin agar bisa ikut berqurban.

Berqurban dilakukan dengan menyembelih hewan ternak seperti sapi, kambing, domba, maupun unta. Berqurban dilakukan setelah pelaksanaan sholat Idul Adha dan tiga hari setelahnya. Daging dari hewan qurban kemudian akan dibagikan kepada umat muslim sebagai bentuk keberkahan dan rasa saling mengasihi satu sama lain.

Namun, ada juga sebagian umat muslim yang berqurban tanpa mengetahui sebenarnya apa saja manfaat dari qurban itu sendiri. Bahkan banyak juga yang merasa keberatan untuk berqurban dan akhirnya memilih untuk tidak berqurban. Kali ini kita akan membahas apa saja manfaat yang bisa didapatkan dengan berqurban.

Manfaat Berqurban

Inilah dia beberapa manfaat berqurban yang bisa anda nikmati dan anda ambil hikmahnya dalam kehidupan ini :

1. Semakin Bersyukur

Dengan berqurban, anda bisa semakin menyadari bahwa Allah telah memberikan keberkahan dan kenikmatan di dalam hidup ini. Sering sekali manusia tidak menyadari bahwa ada banyak hal dalam hidup ini yang patut disyukuri. Berqurban akan menjadi sebuah petunjuk bagi anda untuk lebih mensyukuri kehidupan ini.

2. Bisa Bersedekah

Bagi anda yang merasa kesulitan untuk bersedekah dalam kehidupan sehari-hari maka berqurban bisa menjadi cara untuk bersedekah. Bahkan bersedekah lewat qurban jauh lebih baik daripada bersedekah sejumlah uang yang nilainya sama dengan hewan yang anda qurbankan.

3. Semakin Takwa

Ketika kita berqurban, kita menyadari bahwa Allah memberikan berkah yang begitu melimpah. Ketika berqurban, kita mengingat kekuasan Allah ketika Nabi Ibrahim akan menyembelih Ismail. Dari situlah kita akan kembali mengingat betapa besarnya kekuasaan Allah dan betapa baiknya Allah telah menurunkan nikmat melimpah kepada kita.

4. Membersihkan Rezeki

Berqurban dapat menjadi sarana untuk menyucikan rezeki yang kita terima. Sudah jelas sekali bahwa dalam harta yang kita miliki ada hak orang lain yaitu orang-orang yang tidak mampu. Lewat berqurban, maka kita bisa membersihkan harta yang kita miliki sehingga akan menjadi lebih berkah dan semakin diridhoi oleh Allah.

5. Memperkuat Tali Persaudaraan

Berqurban bisa membuat hubungan persaudaraan kita dengan sesama menjadi semakin erat. Dengan berqurban, kita berbagi satu sama lain oleh karena itu secara tidak langsung kita telah memperkuat ikatan persaudaraan dengan sesama.

6. Meningkatkan Perekonomian

Ketika berqurban, pengusaha hewan ternak lokal tentu akan kebanjiran rejeki. Ini juga menjadi keberkahan tersendiri bagi mereka. Dengan berqurban maka secara tidak langsung kita juga telah meningkatkan rejeki penjual hewan ternak lokal dan membantu meningkatkan perekonomian di masyarakat kita.

Itulah tadi beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dengan berqurban. Semua yang Allah perintahkan selalu memberikan manfaat dan kebaikan bagi kita. Jadi, tak perlu ragu lagi ketika akan melaksanakan perintah Allah karena pasti akan ada kebaikan yang bisa anda petik. Anda juga tak perlu cemas rezeki berkurang karena justru rezeki akan bertambah jika anda bersedekah lewat berqurban.

Berqurban juga menjadi wujud kecintaan kita pada Allah dan agama kita. Oleh karena itu, anda tidak perlu ragu lagi untuk mengeluarkan sebagian rejeki yang anda terima untuk berqurban. Siapkan sedini mungkin agar anda bisa memenuhi biaya berqurban dan merasakan secara langsung manfaat berqurban untuk kehidupan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *