Loading

wait a moment

Fakta Tentang Kucing Mendengkur Yang Harus Anda Tahu

Teman Ardini – Kucing adalah binatang yang misterius. Perilaku-perilaku mereka seringkali menimbulkan rasa ingin tahu manusia. Mereka suka melamun memandang ke luar jendela. Mereka suka memandangi dinding. Mereka suka mengintip dan mengamatimu dari jauh. Mereka memakan rumput. Namun di samping semua perilaku unik kucing, ada satu perilaku kucing yang sangat disukai oleh manusia, yaitu mendengkur.

Dengkuran kucing (cat purr) adalah suara dengkuran khas yang dihasilkan oleh kucing, umumnya saat kita memanjakan mereka dengan belaian (mengelus kepala, leher, punggung). Sebuah suara yang mirip suara mesin diesel dalam keadaaan idle

Bagaimana dan Di Mana Suara Dengkuran Dihasilkan ?

Sampai saat ini, para ahli tidak menemukan satu organ khusus dalam tubuh kucing yang bertanggungjawab untuk mengeluarkan suara dengkuran. Dan dengan demikian, para ahli belum sepenuhnya mampu menjelaskan bagaimana kucing menghasilkan suara dengkuran.

Hipotesis secara umum mengenai bagaimana dan di mana suara dengkuran kucing dihasilkan adalah bahwa dengkurang kucing (cat purr) dihasilkan melalui sebuah mekanisme yang unik di dalam pita suara kucing.

Kenapa Kucing Mendengkur ?

Secara umum, dengkuran kucing adalah simbol suasana nyaman. Kucing mendengkur saat mereka merasakan nyaman dan damai, seperti saat anda memeluk kucing kesayangan anda dan membelainya. Atau saat anda meletakkan kucing kesayangan anda di pangkuan anda, dan anda membelai kucing anda dengan lembut dan penuh kasih sayang. Pada momen – momen seperti itulah, kucing akan mendengkur (dengan cukup keras). Mendengkur adalah semacam kode kepada manusia yang kurang lebih bermakna “hai manusia, aku sangat nyaman sekarang di dekatmu..”

Hasil gambar untuk kucing mendengkur

Selain itu, kucing juga mendengkur di saat mereka melahirkan anak, makan dan atau saat sedang sakit. Walaupun begitu, suara dengkuran yang dihasilkan saat kucing dalam kondisi nyaman, melahirkan, makan atau sakit masing-masingnya berbeda satu sama lain. Kalau anda sedikit mengamati, saat kucing anda sedang makan, terkadang mereka mengeluarkan suara dengkuran yang dicampur dengan suara meong. Kucing juga mendengkur saat sedang kawin, dengan intonasi yang khusus.

Frekuensi Dengkuran

Berdasarkan penelitian, kucing rumah mendengkur dengan frekuensi rata-rata antara 20 s.d 30 dengkuran per detik (20 s.d 30 Hertz). Frekuensi ini mirip dengan frekuensi suara mesin diesel dalam keadaan idle (menyala namun tidak digunakan).

Relasi Dengan Manusia

Dengkuran kucing adalah salah satu suara alami binatang yang sangat disukai manusia. Mirip dengan suara katak di musim penghujan, atau suara jangkrik di malam hari. Berdasarkan beberapa penilitian, suara dengkuran kucing juga mampu mempengaruhi manusia yang berada di dekatnya untuk ikut merasa rileks dan damai. Oleh karena itu, jika malam hari anda susah tidur, ada baiknya anda mengajak kucing kesayangan anda tidur bersama anda untuk menenangkan pikiran dengan suara dengkuran mereka yang merdu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *