Loading

wait a moment

3 Langkah Panduan Membeli Laptop Baru

Teman Ardini – Laptop bukan hanya dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan saja tetapi juga sangat dibutuhkan untuk keperluan pendidikan. Hampir semua universitas dan sekolah di Indonesia kini mengintegrasikan pendidikan dan teknologi.

Itulah mengapa hampir mustahil seorang pelajar atau mahasiswa yang sekolah dan kuliah tidak membutuhkan laptop untuk memenuhi tugas-tugas sekolah maupun kuliah. Sayangnya masih banyak yang awam ketika membeli laptop baru sehingga berujung tertipu.

Apalagi saat ini cukup banyak model dan juga ukuran laptop yang ditawarkan dengan harga yang sangat bervariasi. Oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli laptop baru.

Pilih spesifikasi laptop terbaik

Jika kamu memiliki dana yang cukup, jangan sungkan untuk membeli laptop yang memiliki spesifikasi terbaik. Misalnya saja seperti produk-produk yang dikeluarkan oleh Apple.

Apple memiliki beberapa produk laptop terbaik mulai dari macbook air yang tipis dan ringan sampai dengan macbook pro yang powerful dan banyak digunakan oleh para pekerja kreatif.

Salah satu alasan mengapa perlu membeli laptop dengan spesifikasi terbaik karena biasanya teknologinya tidak akan tertinggal jauh setelah 5 tahun berjalan.

Tidak berbeda ketika kamu juga ingin membeli sebuah smartphone. Alasan membeli smartphone flagship karena teknologinya paling mutakhir dan tetap bisa mengikuti perkembangan zaman meskipun sudah melewati masa lebih dari 3 tahun.

Perkembangan teknologi yang sangat cepat memiliki konsekuensi barang-barang yang hari ini dibeli bisa saja sudah jauh tertinggal dengan barang yang baru dikeluarkan sebulan yang akan datang.

Dengan laptop dengan spesifikasi terbaik, harapannya agar teknologinya tetap bisa relevan seiring dengan waktu berjalan.

Jangan membeli karena tergiur harga murah

Membeli laptop ibarat sebuah investasi. Jadi, lebih baik keluar lebih banyak yang di awal daripada harus mengupgrade karena tergiur dengan harga murah tapi spesifikasi yang pas-pasan.

Jarang juga lho bisa dapetin laptop murah tapi spesifikasinya sudah mumpuni. Intinya kamu perlu berhati-hati jika ada tawaran laptop yang dijual dengan harga murah.

Agar tidak tertipu saat membeli laptop, penting juga untuk melakukan riset harga lewat beberapa marketplace atau toko online. Biasanya meskipun ada yang menjual laptop murah, harganya tidak akan terpaut jauh berbeda dengan harga aslinya.

Sesuaikan dengan kebutuhan dan bujet

Jika ternyata bujet sedang kurang bersahabat, pikirkan lagi untuk menunda atau setidaknya menyesuaikan spesifikasi laptop yang ada di pasaran dengan bujet yang dimiliki.

Terutama buat pelajar dan mahasiswa yang belum terlalu membutuhkan laptop dengan spesifikasi laptop terbaik. Kecuali jika sudah ada rencana untuk memaksimalkan laptop untuk membuat konten-konten yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Begitu juga dengan laptop baru untuk kantor. Sesuaikan spesifikasi jabatan dan kebutuhan sebelum memilih laptop untuk kerja. Jangan sampai terjadi seperti di salah satu instansi yang membeli laptop seharga Rp 10 juta tetapi hanya digunakan untuk kebutuhan sebatas pencatatan administrasi semata. Jadi sayang banget kan dana anggarannya.

Memilih laptop untuk pelajar, mahasiswa maupun kebutuhan untuk kantor bisa disesuaikan dengan beban yang akan dikerjakan setiap harinya.

Misalnya untuk tugas-tugas ringan seperti membuat makalah, membuat laporan atau menganalisa data, setidaknya sudah cukup untuk membeli laptop dengan spesifikasi menengah ke bawah misalnya dengan prosesor i3 atau i5. Sedangkan untuk menunjang pekerjaan kantor terutama bagi para desainer dan juga video editor butuh spesifikasi laptop yang terbaik seperti prosesor intel i7 yang sudah memasuki generasi ke-8.

Lain ceritanya jika pelajar atau mahasiswa yang ingin mendapatkan keduanya. Selain digunakan untuk mengerjakan tugas, juga digunakan untuk bermain game. Jika sudah seperti itu tentu saja membutuhkan spesifikasi laptop terbaik.

Laptop gaming memang tak murah. Untuk mendukung performa gambar dan juga kinerjanya saat dimainkan setidaknya dibutuhkan laptop gaming yang memiliki prosesor dan RAM terbaik di kelasnya.

Rata-rata untuk laptop gaming berada di angka Rp 10 jutaan ke atas. Harganya cukup mahal, tetapi kamu masih bisa mendapatkannya dengan memanfaatkan cicilan laptop dari Kredivo.

Kredivo merupakan kartu kredit online yang memberikan pinjaman dalam bentuk limit kredit hingga Rp 20 juta. Tanpa memerlukan kartu kredit dalam bentuk fisik, kamu bisa membeli laptop impian sudah seperti kartu kredit online. Tanpa kartu kredit, kamu bisa membeli laptop impianmu dengan cicilan yang fleksibel mulai dari 3, 6, sampai dengan 12 bulan. Bunganya pun sangat rendah hanya 2,95 % saja perbulan. Jika dibandingkan dengan layanan kartu kredit online lainnya yang bunganya bisa mencapai 1% per hari, bunga di Kredivo jauh lebih rendah.

Kredivo tidak memerlukan kartu kredit fisik. Dengan menggunakan aplikasi Kredivo, ibaratnya kamu sudah memiliki sebuah kartu kredit online yang bisa digunakan untuk bertransaksi secara online di lebih dari 200 ecommerce merchant yang terpecaya di Indonesia. Menariknya lagi, kini pemilik akun Cicilan Kredivo bisa mencairkan limit yang dimiliki ke dalam bentuk dana tunai berkat fitur baru Kredivo, yaitu Pinjaman Tunai.

Bikinnya pun gak ribet kok. Download saja aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store, pilih opsi kredit yang tersedia, dan ikuti instruksinya untuk mendapatkan kredit limit sampai dengan Rp 20 juta. Membeli laptop baru dengan spesifikasi yang kamu inginkan jadi lebih murah dengan bantuan kartu kredit online dari Kredivo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *